Pegiat Tosan Aji Bakal Gelar Pameran Pusaka, Antaranya Keris Asli Jepara

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sejumlah pegiat Tosan Aji yang tergabung dalam Paguyuban Pelestari Tosan Aji Jepara dalam waktu dekat ini akan menggelar pameran, selain itu juga ada acara seminar dan diskusi sebagai sarana edukasi bagi generasi muda.

Berbagai keris nusantara rencananya bakal dipamerkan, antaranya dari Jogja, Solo, Cirebon, Sulawesi, Makassar, Madura, Bali, Lombok, Palembang dan pesisiran. Kemudian, ada pula keris dan tombak asli Jepara yang menjadi pusaka karya Empu terkenal di kawasan Muria.

Beragam Keris Nusantara rencananya juga akan turut dipamerkan di Jepara. (Foto : Istimewa)

Ricardo, salah satu panitia mengaku bahwa pameran kali ini memang merupakan inisiatif dari teman-teman pelestari Tosan Aji untuk mengangkat Jepara di kancah dunia “pusaka”. Dimana dahulu kala, dikenal beberapa Empu asli Jepara yang mahir membuat dan memproduksi keris dengan ciri khasnya.

“Keris Jepara ini sudah jarang kita lihat, namun kali ini kami berhasil mendata keberadaanya. Nantinya akan kami pamerkan dan sandingkan bersama keris-keris nusantara lainnya,” ungkapnya

Ia mengaku telah mendapat atensi dari teman-teman untuk menjadikan Jepara sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya. Dalam kegiatan tersebut juga akan ada agenda acara lainnya, seperti bursa pusaka, lomba, serta workshop.

“Rencananya di akhir bulan Mei, kami bisa melaksanakan pemeran dan seminar yang menghadirkan para kurator keris Nasional. Kalau jumlah kerisnya mungkin sudah ratusan,” imbunya.

Dengan adanya pameran ini, diharapkan para generasi muda dapat lebih memahami dan menghargai keindahan serta nilai-nilai seni dalam keris, dan beberapa pusaka lainnya. Ini supaya lebih mengenal dan menghargai warisan budaya leluhur.

Dia menyatakan, bahwa mempertahankan nilai-nilai budaya merupakan suatu keharusan agar Indonesia tetap memiliki identitas yang kuat di tengah arus globalisasi.

Sebagai langkah awal untuk pendataan keberadaan keris Jepara, panitia juga telah menyiapkan form untuk bisa di isi oleh para pemilik keris, nantinya dari panitia akan melakukan kurasi awal dan identifikasi asal keris melalui link tersebut https://bit.ly/RisetKerisJapara

Diharapkan pameran ini dapat mempererat hubungan di antara para pecinta keris, serta menginspirasi masyarakat untuk lebih aktif dalam usaha pelestarian budaya di Kabupaten Jepara. (MIKJPR-01)

Reporter : NG/DN
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here