Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, Edy Supriyanta Tinjau Pelayanan KB Gratis

MIKJEPARA.com, JEPARA – Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia atau Word Contraception Day (WCD) Tahun 2023 dilaksanakan pelayanan kontrasepsi atau KB gratis untuk masyarakat di Kabupaten Jepara. Kegiatan ini dilaksanakan di Klinik Prima Sehat, Desa/Kecamatan Bangsri, Selasa, 19 September 2023.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Komandan Kodim Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq meninjau langsung kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemkab Jepara dengan Kodim 0719/Jepara dalam TNI Manunggal, Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Jepara.

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia atau Word Contraception Day (WCD) Tahun 2023 dilaksanakan pelayanan kontrasepsi atau KB gratis untuk masyarakat.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai 7 September hingga 3 Oktober 2023. 

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia bertujuan mengangkat kesadaran mengenai kontrasepsi dan meningkatkan edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada,” ungkap Dandim 0719/Jepara Letkol inf Mokhamad Husnur Rofiq. 

Dandim menyampaikan jika, saat ini sudah ada 90 akseptor KB yang sudah siap mengikuti kegiatan ini. Kegiatan kontrasepsi ini, masih didominasi oleh kelompok Ibu-ibu.

“Partisipasi dari Ibu-ibu sudah banyak. Tinggal bapaknya yang belum,” ungkap Dandim. 

Sementara itu, Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya memberikan layanan KB berkualitas kepada masyarakat.

“Dengan pelayanan KB gratis, berharap angka penggunaan kontrasepsi semakin meningkat khususnya di wilayah Kabupaten Jepara,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Edy juga mendorong kepada kader kesehatan untuk memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Kader kesehatan harus mempunyai jaminan kesehatan. Ini harus kita dorong,” ungkap Edy. (MIKJPR-01)

Reporter : MK/NS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here