Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Mahasiswa Kelola Sampah Jadi Berkah

0
50

MIKJEPARA.com, JEPARA – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, Sejumlah mahasiswa peserta KKN dari Kelompok 14 berkolaborasi dengan bank sampah “Squad Mesem” untuk menyelenggarakan kegiatan pilah sampah. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Februari 2021 ini berlangsung di Desa Ngasem Kecamatan Tahunan tepatnya di Rt 18 Rw 02.

Koordinator Mitra 2 kelompok 14 KKN, Nur Muhaidi menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan pilah sampah untuk membangun kesadaran masyarakat dalam upaya pengurangan sampah dan peduli dengan alam sekitar.

Pengurus Bank Sampah bersama Mahasiswa peserta KKN memilah sampah yang diambil dari sekitaran desa.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan berkeliling lingkungan Desa Ngasem untuk mengambil sampah ke beberapa lokasi yang telah ditentukan, serta mengambil sampah disepanjang jalan yang memiliki nilai jual dan dilanjutkan dengan kegiatan pilah sampah di basecamp Bank Sampah Squad Mesem.

Setelah dipilah ditemukan banyak sampah botol plastik, sampah tersebut ada yang dibedakan untuk dibuat kreativitas dan ada yang dijual. Dana yang didapatkan dari hasil jual sampah plastik tersebutlah yang menjadi sumber pemasukan bagi pengelola.

Sementara Choirul Amin dari Bank sampah Squad Mesem Desa Ngasem mengungkapkan, dana yang didapatkan dari kegiatan pilah sampah ini akan dibelikan bibit palawija dan sayur-mayur untuk dibagikan ke masyarakat.

“Karena sebelumnya sampah tersebut dari masyarakat, akan kita kembalikan ke masyarakat tapi dalam bentuk yang berbeda yakni pemberian bibit,” Ujarnya. (MIKJPR-01)

Reporter : Gun/PPKKN
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan