Puluhan Rumah di Dongos Diterjang Puting Beliung

MIKJEPARA.com, JEPARA – Hujan deras yang disertai angin, mengakibatkan terjadinya bencana angin puting beliung pada Jum’at (10/2/2023) dinihari. Kejadian tersebut menimpa sejumlah rumah milik warga Desa Dongos, Kecamatan Kedung, Jepara.

Dari pengecekan lapangan, puluhan rumah dilaporkan rusak. Petinggi Desa Dongos, Abdul Hamid mengatakan, bencana angin puting beliung itu menimpa warga di RT 2 RW 4 Desa Dongos Kedung.

Salah satu rumah milik warga yang ikut terdampak bencana angin puting beliung (Foto : Istimewa/AK)

“Peristiwa terjadi pada Jum’at malam sekitar pukul 23.50 WIB. Hujan tadi malam sangat lebat. Lalu datang angin kencang,’’ ungkap Hamid.

Total ada 31 rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Kerusakannya beragam. Mayoritas genting rumah warga jatuh dan rusak. Selain genting, lanjut Hamid, ada juga rumah yang sebagian bangunannya ambrol.

Sebab, atap rumah tersebut bermaterial kayu yang sudah rapuh, sehingga rontok menimpa perabotan rumah tangga. Hamid memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa alam tersebut. Saat mengetahui ada angin puting beliung, warga langsung mencari tempat untuk mengamankan diri.

’’Tidak ada korban jiwa. Hanya saja, terdapat kerugian material. Kalau ditaksir kurang lebih puluhan juta rupiah,’’ kata Hamid.

Saat ini, kata dia, warga sedang membersihkan reruntuhan bagian rumah yang tersapu angin. Atas bencana alam tersebut, Hamid menyatakan sudah melaporkannya kepada pemerintah daerah Kabupaten Jepara. (MIKJPR-01)

Reporter : Gd/xpo
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here