Tingkatkan Kinerja Pendidikan, YPI Masalikil Huda Gelar Capacity Building

MIKJEPARA.com, JEPARA – Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Masalikil Huda Tahunan Jepara mengadakan kegiatan Capacity Building dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Sekolah pada setiap satuan kerja dibawah naungan yayasan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program YPI Masalikil Huda untuk membentuk sekolah unggul sehingga melahirkan peserta didik yang berkualitas khususnya di Kabupaten Jepara. Sejumlah rangkaian kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (4/3/2023), bertempat di Ballroom Lt. 3 Gd. Perpustakaan UNISNU Jepara.

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Masalikil Huda Tahunan Jepara mengadakan kegiatan Capacity Building, bertempat di Ballroom Lt. 3 Gd. Perpustakaan UNISNU Jepara. Sabtu (4/3/2023).

Hadir sebagai narasumber, Erik Hadi Saputra yang merupakan salah satu dosen Amikom Jogjakarta sekaligus motivator nasional.

Adri AR, selaku ketua Yayasan menjelaskan bahwa kegiatan capicity building ini merupakan bentuk tanggung jawab pengurus dalam menjaga mutu pendidikan, hal ini dilakukan nantinya meliputi assesment lapangan, monitoring dan evaluasi dengan menghadirkan narasumber pelatihan.

“Kegiatan capacity building ini juga diisi dengan muatan training dari motivator nasional. Ini ilmu yang sangat bermanfaat,” ungkap Adri.

Dalam kesempatan ini, Adri juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi para guru dan tenaga kependidikan. Karena memang keilmuan itu harus terus diupdate, baik software maupun hardwarenya.

Dalam artian, semangat, keilmuan dan skil lainnya seperti pelayanan, penguasaan teknologi harus diupdate. Termasuk ilmu motivator yang sangat bermanfaat dalam merubah pola pikir.

Sementara itu, Erik Hadi Saputra yang juga merupakan motivator ini bercerita dalam perjalanannya membangun image dan brand sebuah lembaga pendidikan. Semua itu harus dibangun dengan penuh semangat dan teamwork yang sejalan.

“Apalagi Yayasan yang bapak ibu naungi sekarang ini merupakan yang tertua, saya dengar sudah berusia 92 tahun. Ini capaian yang luar biasa,” ungkap Erik bangga

YPI Masalikil Huda hingga saat ini memiliki 5 lembaga pendidikan, meliputi TPQ, PAUD, MI, MTs dan MA Masalikil Huda. Dalam perkembangannya, kini telah memiliki ratusan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dari berbagai jenjang.

“Kami sangat berterima kasih kepada pengurus yayasaan telah memberikan kesempatan kepada saya bisa menjalankan program capacity building ini,” jelas Erik.

Dalam kesempatan ini, Erik berbagi kisah tentang Proses Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan Dan Keterampilan (Skills), Sikap (Attitude) Dan Perilaku (Behaviour) Dari SDM. Harapannya YPI Masalikil Huda kedepan bisa meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan menuju Madrasah yang lebih baik dan berkah. 

Sedangkan output dari capicity building ini, peserta mampu bekerjasama dengan memiliki motivasi kerja untuk meraih prestasi, serta memiliki rasa percaya diri dalam bekerja.

Sementara itu, Ketua panitia Nurul Huda menjelaskan bahwa kegiatan ini direncanankan bisa digelar rutin untuk mengupgrade skill para tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan YPI Masalikil Huda Tahunan.

“Pak Erik ini sudah seperti keluarga bagi kami, Insya Allah kedepan program ini bisa berlanjut kembali dengan ide yang lebih fresh,” pungkasnya (MIKJPR-01)

Reporter : NH/xpo
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here