UNISNU Jepara Terjunkan 750 Mahasiswa Peserta KKN

0
6

MIKJEPARA.com, JEPARA – Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara terjunkan 750 mahasiswa peserta KKN, mulai pekan ini. Ada 74 desa di beberapa wilayah Jepara yang bakal ditempati untuk manjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama kurang lebih 40 hari.

Pelepasan mahasiswa ini dilakukan oleh Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, pada Senin (24/01/2022). Acara berlangsung di Gedung Perpustakaan Unisnu Ruang Auditorium Lt. 3.

Rektor UNISNU Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag, bersama Ketua PCNU Jepara KH Charis Rohman, jalin MoU pada penerjunan KKN ke-XII. (Foto : PPKKN)

Hadir dalam acara ini Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, Bupati Jepara yang diwakili Kabag Pemerintahan Setda Jepara, Ketua PCNU Jepara KH Charis Rohman, Kepala LPPM Dr. Sisno Riyoko, Ketua Panitia KKN, 37 dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan 74 Koordinator Mahasiswa KKN.

Mahasiswa akan melaksanakan KKN secara luring dengan tema “Membumikan Nilai Aswaja An-Nahdliyyah Melalui Pemberdayaan Ekonomi, Sosial dan Literasi Masyarakat” selama 40 hari. Bahkan ada empat mahasiswa diantaranya juga melaksanakan KKN di negara Thailand.

Menurut Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, tema ini dipilih sebagai strategi. “Membawa misi UNISNU, Cendekia Berakhlakul Karimah harus dijunjung tinggi, karena menjadi bagian yang tak terpisahkan. Maka warnailah desa dengan Unisnu melalui program-progran kegiatan membangun desa untuk negeri,” ujar Sa’dullah.

Tujuh kecamatan yang ditempati KKN periode ini yaitu KecamatanTahunan, Kecamatan Mlonggo, Kecamatan Kembang, Kecamatan Keling, Kecamatan Kedung, Kecamatan Batealit, dan Kecamatan Mayong.

Kabag Pemerintahan Setda Jepara Rini Patmini yang mewakili Bupati Jepara menyampaikan apreasiasinya atas program Unisnu yang melaksanakan KKN diberbagai desa di Jepara. Harapannya mahasiswa KKN memberikan inovasi untuk desa dalam meningkatkan potensi desa dan kearifan lokalnya memberi manfaat secara ekonomi

Dalam sambutannya, Azzah Nor Laila selaku Ketua Panitia KKN menyampaikan bahwa pada KKN Angkatan XII ada aspek input dan sspek output/outcome. Pertama, aspek input yakni KKN diikuti oleh 750 peserta dari 5 Fakultas di UNISNU JEPARA, dengan rincian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 395 mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi 315 mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 22 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 12 mahasiswa, dan Fakultas Syariah dan Hukum sebanyak 6 mahasiswa.

Lokasi KKN tersebar di 74 desa dari 7 kecamatan di Kabupaten Jepara. Penempatan di 7 kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Tahunan sebanyak 120 mahasiswa, Batealit sebanyak 120 mahasiswa, Mlonggo sebanyak 80 mahasiswa, Kembang sebanyak 116 mahasiswa, Keling sebanyak 120 mahasiswa, Kedung 110 mahasiswa, dan terakhir Kecamatan Mayong sebanyak 90 mahasiswa. Pada aspek output,KKN ini diharapkan menghasilkan luaran seperti publikasi kegiatan di media massa, artikel di prosiding/jurnal, video kegiatan, dan laporan pengabdian.

“KKN Angkatan XII ini membawa dua program, pengabdian berbasis kemitraan dan kolaborasi. Program pengabdian berbasis kemitraan, mahasiswa secara berkelompok melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bimbingan para bapak/ibu DPL. Kedua, program kolaborasi yang mana mahasiswa KKN melakukan kolaborasi dengan kelompok organisasi atau masyarakat. Kolaborasi ini fokus pada mahasiswa ikut berperan dalam pelaksanaan salah satu kegiatan kelompok organisasi/kelompok masyarakat”, ucap Azzah Nor Laila

Pada kesempatan yang sama, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi selaku Rektor UNISNU JEPARA dalam sambutannya memberi pesan kepada mahasiswa KKN untuk membumikan nilai Aswaja, menyatukan diri dengan masyarakat dan menciptakan perubahan-perubahan untuk menjadi masyarakat yang mabadi’ khaira ummah.

”Marilah membawakan nilai Unisnu, cendekia dan berakhlakul kharimah kepada masyarakat. Selain itu, Kita harus menyatukan diri dengan masyarakat dan melestarikan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah kepada masyarakat. Harapannya mahasiswa KKN Angkatan XII ini bisa menciptakan masyarakat yang mabadi’ khaira ummah (prinsip masyarakat yang baik)”, tutur Sa’dullah Assa’idi.

Sementara itu, Bupati Jepara yang diwakili Rini Supatmi, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Jepara menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UNISNU pada pelaksanaan KKN Angkatan XII ini.

“Program KKN Ini merupakan langkah nyata UNISNU untuk ikut serta dalam pembangunan Kota Jepara. Dibutuhkan kerja bersama institusi dan intelektual muda untuk mengambangkan potensi dan sumber daya seperti wisata, kearifan lokal, dan makanan khas. Mahasiswa dapat memanfaatkan waktu selama empat puluh hari dengan sebaik mungkin untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dalam bentuk berinovasi, kreativitas, maupun pemberdayaan masyarakat lainnya”, ucap Rini Supatmi.

Rini Supatmi menambahkan untuk mahasiswa KKN Angkatan XII bisa berkolaborasi dengan perangkat desa terkait agar tepat sasaran dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Diharapkannya mahasiswa KKN bisa ikut serta dalam menyosialisasikan gerakan antisipasi dan pencegahan covid-19 dan program vaksinasi di masyarakat.

Pada tengah acara dilakukan penyematan atribut KKN berupa jaket dan topi kepada perwakilan peserta KKN sekaligus sebagai penanda dimulainya KKN Angkatan XII. Acara penerjunan KKN ditutup dengan foto bersama pleh pimpinan UNISNU JEPARA, tamu undangan, serta perwakilan mahasiswa yang mengikuti KKN. (MIKJPR-01)

Reporter : And/Xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan