UNISNU Wisuda Drive Thru, Ma’as Mengayuh Sepeda Dari Rumah Sejauh 20 KM

0
37

MIKJEPARA.comJEPARA – Ada hal yang menarik di gelaran wisuda Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara Ke-14 pagi ini Selasa, (4/8/2020). Salah satu wisudawan yang berasal dari Desa Kalipucang Kulon Kecamatan Welahan Jepara ini, berangkat dengan menggunakan sepeda kesayangannya.

Dalam acara wisuda drive thru tersebut, Tahfiwul Ma’as (31) Mahasiswa program studi Hukum Keluarga Islam dari Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU Jepara ini, berbekal sepeda onta mengayuhnya dari rumah sejak subuh.

Tahfiwul Ma’as saat memasuki panggung utama prosesi wisuda drive thru, di Kampus UNISNU Jepara pada Selasa (4/8/2020)

Dengan mengenakan pakaian toga lengkap dengan sepatu pantofel warna hitam serta masker warna senada. Tahfiwul berangkat dari rumahnya menuju kampus dengan penuh semangat.

Usai mengayuh sepeda sejauh dua puluh kilometer dalam kurun waktu sekitar 45 menit. Akhirnya, ia sampai di depan Gedung Rektorat UNISNU. Di sana, kedatangannya telah dinanti oleh Rektor, Wakil Rektor dan sejumlah civitas akademika.

“Saya Ingin mengenang semangat orang tua, yang telah membesarkan saya dengan susah payah. Bekerja dengan menaiki sepeda tersebutlah, Bapak mencari nafkah untuk bekal ilmu pendidikan saya selama ini” ungkapnya dengan rasa bangga.

Pria yang kesehariannya ikut mengajar di Pondok Pesantren Al Falah Bakalan ini, juga merupakan santri tulen. Warga Kalipucang Kulon Rt 02 Rw. 03 ini, mengaku tidak sungkan untuk hadir dalam prosesi wisuda ini dengan sepeda kesayangannya.

Proses pemindahan kuncir dan penyerahan ijazah dilakukan dihalaman Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti menggunakan masker, face shiled dan physical distancing.

Panitia juga telah menyediakan spot area foto untuk keluarga dan saudara sebagai kenang-kenangan dalam rangkaian prosesi wisuda.

Rektor UNISNU Dr. H. Sa’dullah Assaidi, M.Ag. mengapresiasi semangat wisudawan tersebut. Apalagi mahasiswa tersebut adalah santri tulen yg mengampu di pondok pesantren. Dengan spirit santri, tetap tawadhu menginspirasi semangat warisan orang tua. 

Wisuda yg digelar dengan sistem drive thru ini dilaksanakan bergelombang selama 4 hari, mulai 3-6 Agustus 2020 bertempat di Kampus UNISNU Jepara. Wisuda drive thru ini menjadi alternatif pilihan pihak kampus di tengah pandemi Covid-19.

Pelaksanaan wisuda drive thru di UNISNU ini berjalan dengan lancar. Dalam waktu sekitar 5 menit, para wisudawan satu persatu menuntaskan prosesi sakral kelulusan ini. Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tempat tersebut juga dijalankan dengan baik.

Dalam wisuda ke-14 UNISNU ini diikuti sekitar 566 wisudawan yang terbagi dalam empat tahap. Di mana tahap pertama dijalankan sejak hari Senin, 03 Agustus 2020. Lalu tahap kedua dijalankan pada Selasa, 4 Agustus 2020. Selanjutnya tahap ketiga dan keempat dijalankan pada Rabu dan Kamis. (MIKJPR-01)

Reporter : B3/UNISNU
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan