Usulan Gelar Pahlawan Ratu Kalinyamat, Habib Luthfi : Sudah Saatnya

0
22

MIKJEPARA.com, JEPARA – Langkah demi langkah telah dilalui sejumlah pihak untuk mengusulkan nama Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Dukungan juga hadir dari Habib Luthfi bin Yahya, ulama kharismatik asal Pekalongan yang juga merupakan anggota Watimpres itu menyetujui pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

Ia mengangggap sudah saatnya, masyarakat mengambil nilai-nilai luhur dari Ratu Kalinyamat untuk menjadi pijakan bangsa Indonesia. Dukungan tersebut disampaikannya saat memberikan pidato kebudayaan dalam rangka Silaturrahmi Kebhinekaan pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional, di Pendapa RA Kartini Jepara, Sabtu (5/2/2022).

Silaturrahmi Kebhinekaan pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional, di Pendapa RA Kartini Jepara, Sabtu (5/2/2022). (Foto : MIK Jepara)

Ratu Kalinyamat merupakan tokoh Jepara yang sudah memberikan perjuangannya untuk Indonesia di masa lampau. Nilai-nilai luhur seperti keberanian Ratu Kalinyamat sangat bisa membentuk rasa nasionalisme yang kuat.

Sebelumnya, gelar pahlawan nasional bagi Ratu Kalinyamat diusulkan oleh Yayasan Dharma Bhakti Lestari (YDBL) bersama Bupati Jepara.

Ratu Kalinyamat juga menjadi bukti jika Indonesia merupakan bangsa yang mandiri dan bukan keturunan penjajah. Ia juga merupakan sosok yang berpengaruh besar pada perkembangan dunia maritim di Nusantara.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat yang menginisiasi pengusulan Ratu Kalinyamat ini merasa terketuk hatinya dengan peran seorang wanita gagah berani tersebut. Berangkat dari kisah legenda, bersama tim mengumpulkan berbagai bukti akademis baik dari dalam dan luar negeri.

Yayasan YDBL juga berperan meluruskan sejarah Ratu Kalinyamat, peran dokumen pendukung yang berangkat dari legenda diuji secara akademis.

“Kehadiran dan restu Habib Lutfi semoga membawa keberhasilan dlm pengusulan. Misi kita bersama utk merajut kebhinekaan, dan menjelaskan peran pahlawan ratu Kalinyamat,” terang Lestari

Bila kali ini ditolak pemerintah pusat, maka tidak bisa diusulkan kembali. Untuk itu, dengan terlengkapinya sumber-sumber primer, Habib Luthfi mendukung usulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.

Jika tidak secepatnya disahkan dengan diperkuat secara hukum, sejarah itu akan mudah dibelok-belokkan atau bahkan dihilangkan

“Saya sangat mendukung sekali. Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional Indonesia,” tegas Habib Luthfi. (MIKJPR-01)

Reporter : Ard/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan