Angin Baratan, Kapal Perang Disiapkan Untuk Mengirim Surat Suara ke Karimunjawa

0
2

MIKJEPARA.com, JEPARA – Bulan Februari, berdasar prakiraan BMKG merupakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, berencana mengirim logistik Pemilu 2024 ke Kepulauan Karimunjawa lebih awal dari jadwal.

Hal ini dilakukan mengingat kondisi perairan Jepara memasuki musim baratan. Di mana, laut akan lebih sering bergelombang tinggi dan cuaca buruk.

KRI Makassar saat melayani penyeberangan ke Karimunjawa, saat musim angin baratan beberapa waktu lalu. (Foto : MIK Jepara)

Komisioner KPU Kabupaten Jepara Muhammadun mengatakan, pengiriman logistik ke Karimunjawa akan dilaksanakan pada 3 Februari 2024. Sementara untuk wilayah selain Karimunjawa, akan didistribusikan pada 10 Februari 2024.

”Rencana distribusi logistik ke Karimunjawa tanggal 3 Februari nanti. Semoga cuacanya memungkinkan,” kata Muhammadun, Selasa (30/1/2024).

Saat ini, lanjut Muhammadun, KPU Jepara sudah berkomunikasi intens terkait informasi cuaca selama tiga hari ke depan. Sejauh ini, hingga 3 Februari nanti cuacanya masih dalam kondisi baik dan memungkinkan.

Kemudian dua hari jelang distribusi, KPU Jepara akan berkoordinasi dengan Polri, TNI dan Badan Pengawas Pemilu (Basalu) terkait finalisasi pengiriman logistik. Dalam distribusi nanti, kapal pengangkut akan dijaga ketat oleh aparat.

Untuk sementara waktu, kata Muhammadun, distribusi logistik Pemilu ke Karimunjawa akan diseberangkan dengan KMP Siginjai. Logistik akan diangkut menggunakan truk boks tertutup milik PT Pos Indonesia.

Namun jika cuaca buruk dan tidak memungkinkan, KPU Jepara akan mengambil opsi untuk mengirim logistik Pemilu 2024 ke Karimunjawa menggunakan kapal Pelni dari Semarang. Jika opsi itu diambil, maka KPU harus lebih dulu mengirim logistik ke Semarang.

Jika opsi-opsi itu tak bisa ditempuh karena cuaca semakin memburuk, KPU Jepara akan kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Muhammadun juga sudah berkomunikasi dengan TNI terkait opsi tersebut.

”Distribusi logistik ke Karimunjawa dengan kapal perang menjadi opsi terakhir,” jelas Muhammadun.

Diketahui, tempat pemungutan suara (TPS) di Kepulauan Karimunjawa tersebar di beberapa pulau. Rinciannya, di Kecamatan Karimunjawa ada  7.517 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Warga dengan hak pilih itu tersebar di empat desa, yaitu Karimunjawa, Nyamuk, Kemujan, dan Parang. Adapun jumlah TPS Pemilu 2024 di Karimunjawa ada 32. Tersebar di Desa Karimunjawa 5 TPS, Desa Kemujan 11 TPS, Desa Parang empat TPS, dan Desa Nyamuk dua TPS. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here