Bantu APD, KORPRI Jepara Sumbangkan Kepada Tenaga Medis di Puskesmas

0
6

MIKJEPARA.com,  JEPARA – Sebagai bentuk sumbangsih Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Jepara untuk garda terdepan penanganan covid-19. Sebanyak 210 Alat Pelindung Diri (APD) jenis baju hazmat di berikan kepada sejumlah Puskesmas di Jepara.

Para tenaga medis inilah yang diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama kepada pasien, dengan menjaga diri dari penularan lewat kontak pasien.

Ketua KORPRI Jepara Edy Jatmiko, setelah menyerahkan bantuan APD secara simbolis di halaman Kantor Setda (Foto : Istimewa)

” Petugas medis yang bertugas di fasilitas kesehatan tahap pertama ini, merupakan garda terdepan penanggulangan covid-19 yang harus kita berikan prioritas kemanan” terang Ketua KORPRI Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Edy Sujatmiko, serta wakil Ketua Junaidi kepada Kepala Puskesmas Jepara dan Tahunan. Penyerahan APD dilakukan di teras kantor Bupati Jepara, serta disaksikan oleh para pengurus KORPRI Kabupaten Jepara.

Pada kesempatan tersebut Edy Sujatmiko menjelaskan, kebutuhan APD seluruh fasilitas kesehatan mulai rumah sakit, puskesmas, poliklinik hingga tim pemulasaraan jenazah setiap bulan mencapai sekitar 20.000 pcs.

“Namun secara ideal kebutuhan tersebut belum dapat dipenuhi seluruhnya. Bukan karena tidak ada uang, tetapi sulit mendapatkan APD karena terjadi kelangkaan. Namun paling tidak kebutuhan minimal telah dapat tercukupi ,” ujar Edy Sujatmiko

Pada kesempatan tersebut Edy Sujatmiko juga menyampaikan rasa hormat dan apresiasinya kepada seluruh petugas medis, non medis yang berada disemua fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Jepara serta tim pemulasaraan jenasah. “Mereka bukan saja telah melaksanakan tugas profesinya dengan baik, tetapi juga tugas kemanusiaan yang beresiko,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Edy Sujatmiko, saat ini dengan penduduk Jepara sebanyak 1,2 juta jiwa, dikota ini terdapat 200 orang dokter. Dengan demikian rasionya seorang dokter di Jepara melayani 6.000 orang lebih. Jumlah ini dapat semakin meningkat, jika dihitung dengan jumlah dokter yang memberikan pelayanan pada tahap pertama, baik yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan maupun yang sedang praktik. (MIKJPR-02)

Reporter : Andie
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan