Bukan Asep! Mayat Yang Ditemukan Dalam Kapal di Pulau Parang

MIKJEPARA.com, JEPARA – Misteri sesosok mayat yang ditemukan meninggal di dalam dek sebuah kapal terbalik dan terapung di perairan Pulau Parang, Kecamatan Karimunjawa, kini masih simpang siur. Banyak beredar kabar di Whatsapp Group (WAG) mengenai identitas jenazah yang kini sudah dimakamkan di Pulau Parang tersebut merupakan warga Tasikmalaya.

Sebelumnya kapal tersebut ditemukan seorang nelayan bernama Muslimin, pada Kamis (4/5/2023) pagi. Saat berlayar sejauh 50 mil kearah barat Pulau Parang, Muslimin melihat kapal tersebut terbalik. Ia kemudian bersama empat kapal nelayan lainnya menyeretnya ke dermaga Pulau Parang pada Sabtu (6/5/2023).

Asep Permana warga Desa Kp. Cipinang RT 19 RW 06 Desa Cintawangi Kec. Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya yang diduga meninggal di Pulau Parang, ternyata masih hidup. (Dok : BPBD Jepara)

Setelah kapal diamankan, dua nelayan menyelami kapal tersebut dengan tujuan menata tali agar kapal tak hilang. Namun, ternyata didalamnya ditemukan mayat yang sudah membusuk di area dek.

Menerima laporan tersebut, petugas kesehatan mengecek mayat. Hasilnya, mayat itu berjenis kelamin laki-laki. Ciri-cirinya memakai celana Levis hitam sabuk hitam.

’’Karena kondisi mayat sudah rusak, mayat dikuburkan secara Islam di pemakaman umum Desa Parang,’’ kata Petinggi Desa Parang, Muh Zaenal Arifin, Selasa (9/5/2023).

Benda lain yang ditemukan dalam kapal pun mulai dicek, bahkan ditemukan beberapa fotocopi identitas. Yang mana terdapat fotocopi KTP, kartu anggota satpam bahkan Ijazah atas nama Asep Permana warga Tasikmalaya.

Baca Juga : Pasca Dilarangnya Tambak Karimunjawa, Pj Bupati : Kita Siapkan Rencana Aksi Lanjutan

Saat ini, lanjut Zaenal, kapal tak bertuan itu dikandaskan di lokasi pengamanan semula. Kemudian petinggi bersama warga melanjutkan evakuasi dengan penyelaman untuk memastikan tak ada mayat lagi.

’’Hasil pengecekan kapal, kapal berwarna biru bawahnya merah (anti poling) dan ada tulisan kecil di kastroit (pengering) Toretu Rembata pernah disini,’’ pungkas Zaenal.

Berbekal dari hasil temuan identitas tersebut, petugas dari BPBD Jepara pun melakukan kroscek. Ternyata sosok pria atas nama Asep Permana tersebut masih hidup dan sudah divalidasi oleh Babinsa setempat.

“Mohon Ijin melaporkan terkait berita Penemuan Mayat di Pulau Parang Karimunjawa dengan Identitas atas Nama Asep Permana Alamat Desa Kp. Cipinang RT 19 RW 06 Desa Cintawangi Kec. Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Tadi sudah komunikasi dengan BPBD Tasikmalaya dan pihak keluarga bahwa korban saat ini masih hidup. Terima Kasih,” tulis akun WA BPBD Jepara mengklarifikasi

Sehingga, saat ini identitas mayat tersebut masih belum bisa dikenali. Dihimbau bagi masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya saat melaut, bisa melakukan pengecekan berbekal ciri-ciri kapal dan asesoris yang dipakai. (MIKJPR-01)

Reporter : DA/Xpo
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here