FPRB Jepara Ajak Kerjabakti Tinggikan Tanggul, Antisipasi Banjir Dorang

0
5

MIKJEPARA.comJEPARA – Banjir yang melanda Desa Dorang hampir 10 hari memang telah surut. Namun limpasan sungai SWD I mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada tanggul dan jalan pertanian.

Karena itu BPBD, PMI, TNI, Polri, Komunitas Relawan, perangkat desa dan masyarakat Kamis (13/1/2023) pagi ini mulai kerja bakti membuat tanggul darurat di Desa Dorang Kec. Nalumsari dan jalan pertanian. Kegiatan kerja bakti ini juga merupakan inisiasi dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kab.Jepara

Sejumlah relawan turut kerjabakti menata sak berisikan tanah, untuk proses peninggian tanggul sungai di Desa Dorang. (Foto : PMI Jepara)

“Sak dan tanah urug sebanyak 40 dump truk sudah tersedia.,” ujar Fendi Irawan Staf Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jepara yang pagi tadi berada di lokasi.

Karena itu kami mengajak para relawan dan masyarakat untuk donasi tenaga untuk membawa tanah urug guna meninggikan tanggul agar tidak terjadi lagi limpasan air yang meluas ke area pemukiman,” ujarnya. Lokasi yang dikerjakan meliputi peninggian tanggul 15 meter dan pengurukan jalan pertanian 100 meter, tambahnya.

Baca Juga : Kunjungi Banjir Dorang, Menteri PUPR Perintahkan Normalisasi Sungai SWD Segera

Sementara Rosiana Rahmawati dari PMI Cabang Jepara mengajak organisasi relawan seluruh Jepara ikut “nyengkuyung” secara mandiri dan bersama sama. “ Saat ini Desa Dorang mengundang dan membutuhkan dukungan tenaga dari masing- masing relawan,” tambah Rosiana Rahmawati. (MIKJPR-01)

Reporter : Rs /xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan