Kunjungi Banjir Dorang, Menteri PUPR Perintahkan Normalisasi Sungai SWD Segera

0
30

MIKJEPARA.comJEPARA – Menyempatkan waktu melihat kondisi banjir di Desa Dorang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono perintahkan jajarannya segera atasi problem tahunan ini.

Basuki meninjau lokasi banjir di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, pada Kamis (12/1/2023). Setelah sebelumnya juga meninjau bebera titik banjir di wilayah Muria.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi banjir di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Kamis (12/1/2023). (Foto : Pr/Disk)

Ia menyebut, banjir di sana lantaran terjadi pendangkalan di Sungai SWD I dan SWD II Jepara. Akibatnya, saat debit naik, air sungai melimpas dan masuk ke permukiman warga.

’’Dorang sudah dua minggu ini masih tergenang air. Sebenarnya sudah ada prasarananya, pengendalian banjir. Karena terjadi pendangkalan, air tidak bisa langsung ke laut,’’ kata Basuki.

Basuki menyampaikan, masalah utama banjir di Desa Dorang adalah tidak adanya drainase antara Sungai SWD I ke SWD II. Sehingga, airnya menggenang.

Sebagai solusinya, Basuki akan membuat collector drain atau saluran yang berfungsi sebagai pengumpul debit dari saluran air yang lebih kecil. Saluran ini rencananya ditempatkan di antara SWD I dan II, dan diposisikan di pinggir SWD II.

’’Kemudian kita bikin pintu air. Supaya airnya bisa mengalir ke SWD II,’’ jelas Basuki.

Baca Juga : Sesuaikan Tarif Non Subsidi, Tiket KM Siginjai Bakal Naik 17 Ribu

Namun, lanjut Basuki, ketika kondisi permukaan air SWD II lebih tinggi dari genangan, maka solusinya air akan dipompa. Selain itu, Basuki juga akan mengaktifkan saluran sungai yang sudah mati yang menghubungkan ke Sungai SWD II.

’’Nanti kita bisa alirkan air dari SWD I ke SWD II jika airnya sudah mencep-mencep (akan meluap, red),’’ imbuh Basuki.

Hingga hari ini (12/1/2023), beberapa titik di Desa Dorang masing tergenangi banjir. Lokasinya berada di RT 2 dan RT 4 RW 2. (MIKJPR-01)

Reporter : AB /xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan