JPC Gandeng HIPDI Jateng-DIY Gelar Workshop Photography

MIKJEPARA.com, JEPARA – Jepara Photo Community (JPC) menggandeng Himpunan Pengusaha Dokumentasi indonesia (HIPDI) menyelenggarakan Photography Workshop and Bussines Talk pada Minggu (30/7/2023).

Acara kali ini digelar di Sekuro Village Jepara, menghadirkan dua narasumber beken antaranya Ghofar Farall Jibril dan Heri HSP. Workshop mengusung tema “Upscaling Bussines Photography” diikuti puluhan fotografer dari berbagai daerah di sekitaran kota ukir Jepara.

Peserta Photography Workshop and Bussines Talk yang diselenggarakan JPC bareng HIPDI Jateng-DIY pada Minggu (30/7/2023). (Foto : JPC)

Event kali ini mengajak beberapa fotografer lokal di Jepara untuk berkembang menjadi pengusaha dokumentasi yang maju bersama, kreatif, mandiri serta berwawasan nasional dan internasional.

Acara yang dihadiri puluhan fotografer dari berbagai daerah tersebut, mengusung konsep wedding glamour dan etnic tradisional. Acara juga diselingi dengan foto hunting bersama.

Pewakilan HIPDI Jateng-DIY, Sobryan menyampaikan dalam sambutannya mengajak beberapa fotografer muda yang hadir untuk ikut meningkatkan kompetensi dan pengalaman dalam pengembangan bisnis dan kemampuannya. Salah satunya dengan agenda kegiatan hari ini, kami mengenalkan diri kepada teman-teman fotografer Jepara.

“Karena dari setiap event yang tersisa hanya hasil dokumentasi, bagus atau tidaknya sebuah event yang kita lakukan hanya bisa dilihat dari hasil sebuah dokumentasi baik foto maupun video,” ungkapnya dalam sambutan.

Dengan adanya kegiatan ini lanjut Sobi panggilan akrab Sobryan, pihaknya berharap ke depan anggota HIPDI dari Jepara segera bergabung dan dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah, instansi serta asosiasi terkait untuk bersama-sama memajukan sektor pariwisata yang ada di Jepara.

Industri Dokumentasi di Indonesia adalah Industri yang terus berkembang dan memberikan dampak bagi perekonomian negara. Kemampuan teknis foto dan video sebaiknya dibarengi dengan kemampuan dalam pengelolaan bisnis agar dapat bersaing secara profesional.

Pembentukan Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia (HIPDI) diharapkan menjadi wadah perkembangan Industri Dokumentasi Indonesia agar bisa menjadi Industri Kreatif yang berperan aktif dalam perekonomian bangsa yang dapat bersaing dan mampu berkembang hingga ke kancah Internasional.

“HIPDI berperan aktif dalam kemajuan industri dokumentasi, seperti yang kami lakukan selama masa pandemi. HIPDI menjadi jembatan antara Pelaku usaha dokumentasi dan terus bekerjasama dengan pemerintah untuk memberikan saran dan masukan agar industri bisa tetap bertahan selama masa pandemi,” imbuh Sobi.

Jepara Photo Community (JPC) sendiri merupakan sebuah komunitas yang berangggotakan fotografer lokal Jepara, dan saat ini tengah mengembangkan kemampuan dalam bisnis fotografi dengan menghadirkan beberapa narasumber workshop. Setelah sebelumnya juga menghadirkan Alvin Fauzi Fotografer asal Jogja.

Sementara itu, ketua JPC Ulil Abshor mengungapkan bahwa kegiatan kali ini memang event bersama yang sudah kami persiapakan sejak lama. Yang kami harapkan ini bisa menjembatani kawan-kawan fotografer lokal untuk meningkatkan skill dan pengalaman.

“Kami berharap dengan adanya event JPC dan HIPDI Jateng-DIY kali ini dapat menjadi pemersatu bagi seluruh pelaku industri dokumentasi di Indonesia, dan menjadi tonggak awal bagi kemajuan ekonomi Indonesia khususnya ekonomi kreatif,” pungkas Ulil. (MIKJPR-01)

Reporter : NT/Ard
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here