Mabes Polri Selidiki Informasi Soal Keberadaan Mafia Minyak Goreng

0
16

MIKJEPARA.com, JAKARTA – Polri melalui Satgas Pangan masih belum menemukan ada mafia minyak goreng di Indonesia. Polri mengklaim terus mencari kebenaran mengenai keberadaan mafia minyak goreng.

“Terkait informasi adanya mafia minyak goreng, tentu informasi tersebut direspons dengan cepat oleh Polri dan juga termasuk Satgas Pangan ya. Polri terus mencari kebenaran informasi tersebut,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2022).

Foto : Karopenmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan (Adhyasta/detikcom)

Ramadhan mengatakan Satgas Pangan Polri terus mengawasi distribusi minyak goreng supaya tidak terjadi kelangkaan. Dia memastikan stok minyak goreng aman sampai Lebaran Idul Fitri 2022.

“Satgas Pangan terus melakukan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng. Tentu tujuannya adalah untuk menjaga stok minyak goreng itu aman. Dari Satgas Pangan, pengawasannya dan hasil koordinasi dengan beberapa pihak, informasinya stok minyak itu aman dan cukup sampai Lebaran nanti,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menegaskan pelaku penimbunan minyak goreng bakal ditindak.

“Berdasarkan informasi tersebut, tentu dilakukan pengawasan dalam pelaksanaan distribusi tersebut. Dalam pengawasan dan pemeriksaan, tentu bila didapatkan penyimpangan seperti penimbunan maka Satgas Pangan akan melakukan tindakan penegakan hukum,” imbuh Ramadhan.

Sebelumnya, Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika menegaskan pihaknya belum menemukan adanya mafia minyak goreng. Helmy menyebut istilah mafia itu sebenarnya lebih tepat dikatakan sebagai persekongkolan besar yang melibatkan banyak pihak.

“Sejauh ini belum ditemukan mafia minyak goreng, mafia lebih dikonotasikan sebagai persekongkolan besar, yang masif dan terstruktur dengan melibatkan banyak pihak,” kata Helmy.

“Sampai saat ini tidak ditemukan praktik seperti itu. Yang ditemukan di lapangan cukup banyaknya pedagang dadakan, reseller, dan pelaku usaha yang tidak mengikuti kebijakan pemerintah,” ujarnya.

“Jadi sementara ini temuan kami lebih personal pelaku usaha, bukan mafia minyak goreng,” tegasnya.

Sumber detiknews, “Polri Selidiki Informasi soal Keberadaan Mafia Minyak Goreng” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5999357/polri-selidiki-informasi-soal-keberadaan-mafia-minyak-goreng. (MIKJPR-01)

Reporter : And/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan