Kamis, Juni 20, 2024
spot_img
BerandaBerita Jepara Hari IniPelestari Tosan Aji Pamerkan Ratusan Keris Nusantara, Hadirkan Kirab Pusaka Asli Jepara

Pelestari Tosan Aji Pamerkan Ratusan Keris Nusantara, Hadirkan Kirab Pusaka Asli Jepara

MIKJEPARA.com, JEPARA – Tosan aji merupakan salah satu hasil budaya bangsa pada masa perundagian sebagai warisan nenek moyang yang menunjukkan salah satu identitas budaya bangsa sampai kepada kita sekarang.

Salah satunya pusaka keris, yang merupakan jatidiri nusantara. Banyak penelitian tentang keris Nusantara, sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Bahkan UNESCO menetapkan keris Indonesia sebagai sebuah karya agung.

Panitia penyelenggara Pameran Edukasi Tosan Aji Jepara juga menyempatkan ziarah ke beberapa tokoh di Jepara (Foto : PPTAJ)

Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Jepara (PPTAJ) menggelar pameran dan edukasi Tosan Aji sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan budaya Nusantara.

Acara di selenggarakan pada Sabtu-Minggu, 25-26 Mei 2024 bertempat di Pendopo Kabupaten Jepara. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta apresiasi masyarakat terhadap seni dan sejarah tosan aji.

Baca Juga : Memeden Gadhu Kepuk, Bakal Diusulkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda dari Jepara

Pameran yang akan menampilkan berbagai jenis tosan aji, seperti keris, tombak, dan pusaka lainnya. Selain itu, dalam prosesi acara yang akan berlangsung penyelenggara juga mengundang para ahli budaya dan sejarah.

Salah satunya yaitu, Empu Basuki Teguh Yuwono, maestro sekaligus pakar keris dan dosen ISI Surakarta yang akan memberikan wawasan lebih dalam mengenai filosofi dan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap tosan aji.

Ratib Zaini mengajak masyarakat tetap menjaga seta merawat budaya supaya bisa memajukan wilayah Kabupaten Jepara.

“Kalau memang ada permintaan nanti Empu Tegalsambi dijadikan aset daerah dari rekan-rekan PPTAJ, nanti kita lihat untuk kita rapatkan dan laporkan ke Pak Bupati” pungkasnya.

Menurut sesepuh PPTAJ K.H Fadullah, acara ini sudah ditunggu oleh teman-teman PPTAJ bahwa Jepara tidak hanya dikenal sebagai kota ukir tetapi juga sebagai pembuat keris.

“Sudah sepuluh tahun teman-teman ingin mengadakan kegiatan ini untuk kemajuan Jepara, supaya tidak hanya dikenal sebagai Kota Ukir, namun juga dahulu di Jepara memiliki 2 Empu Tosan Aji yang berkarya di Tegalsambi” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan pusaka oleh Penjabat (Pj) Bupati dalam hal ini diwakili Ratib Zaini kepada Ketua PPTAJ Ricardo.

Menurut Ricardo tujuan dari diselenggarakan acara ini salah satunya untuk mengangkat Empu lokal dan mendata keris empu Tegalsambi.

“Mengangkat Jepara ke kancah Nasional karena di empu-empu lain sudah diangkat. Kita mencoba mengumpulkan data material, garap ciri khasnya Empu Tegalsambi,” ujarnya.

“Kita juga mengajak masyarakat untuk melihat bersama yang seperti apa koleksi karya Empu Tegalsambi” terangnya.

Acara yang mengangkat tema “Gaungkan Empu Jepara Punya” akan digelar selama dua hari. (MIKJPR-01)

Reporter : Mis/DN
Editor : Haniev

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments