“Superhero Avengers” Turun Tangan Vaksinasi Siswa SD

0
21

MIKJEPARA.com, JEPARA – Tak tampak raut ketakutan di wajah anak-anak SD Negeri 1 dan 2 Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, saat mengikuti vaksinasi Covid-19, Kamis (27/1/2022). Karena para petugas vaksinator dari puskesmas setempat mengenakan kostum tokoh-tokoh pahlawan super, seperti Iron-Man, Spider-Man, Bat-Woman, hingga Captain Amerika.

Kepala Puskesmas Kalinyamatan dr. Lupi Murwani mengatakan, upaya tersebut untuk menghibur dan membuat anak-anak agar tidak tegang saat akan disuntik vaksin. Kegiatan vaksinasi untuk dosis pertama ini terselenggara atas kerja sama dengan Komando Resor Militer (Korem) 073/Makutarama. Jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac.

Petugas vaksinator dari puskesmas setempat mengenakan kostum tokoh-tokoh pahlawan super, seperti Iron-Man, Spider-Man, Bat-Woman, hingga Captain Amerika. (Foto : Humas)

“Terbukti mereka bahagia. Kan kalau takut, repot kita juga. Biar anak-anak kita berani dan bahagia,” kata dia.

Total ada 20 tenaga kesehatan yang dikerahkan saat itu. Sepuluh di antaranya berdandan ala pahlawan super, termasuk dia yang berkostum Wonder-Woman. Bersamaan dengan SD Negeri 1 dan 2 Robayan, kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun juga dilaksanakan di SD Negeri 3 dan 4 Robayan. “Total kuotanya ada 500 lebih,” terang dr. Lupi.

Pelaksanaan vaksinasi ini turut dihadiri langsung Komandan Korem (Danrem) 073/Makutarama Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo. Ia didampingi Dandim 0719/Jepara Letkol Arh. Tri Yudhi Herlambang, Kampolres AKBP Warsono, dan Kajari Ayu Agung. Hadir pula Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto mewakili bupati, serta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mudrikatun, dan Camat Kalinyamatan Muh Nursinwan.

Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo menuturkan, pelaksanaan vaksinasi anak di Jepara sudah berjalan lancar. Demikian pula ke depan harapannya segera tercapai 100 persen. Baik yang menggunakan vaksin dari TNI, Polri, maupun Dinkes. “Kita keroyok ramai-ramai, ada vaksin kita kerjakan sama-sama,” ujarnya.

Targetnya saat ini 40 persen, nanti kita akan kejar terus sampai dosis pertama untuk anak-anak mencapai 100 persen,” ujarnya.

Dia menuturkan, capaian vaksinasi dosis pertama untuk anak usia 6 hingga 11 tahun di Jepara sudah 40 persen. Dengan kerja sama dan sinergi seperti ini pihaknya optimis target 100 persen mudah tercapai. Di samping itu, karakter anak yang mau diarahkan menjadikan pelaksaannya relatif lebih mudah.

Hidayat, ayah dari Haura siswa kelas 1 salah seorang peserta vaksinasi, mengungkapkan anaknya tak takut disuntik. Malah senang, sebab buah hatinya bertemu dengan para pahlawan super. Dia pun sangat mendukung program vaksinasi anak. “Sangat senang, anak saya juga berani dan senang sudah bisa vaksin. Karena orangtuanya sudah vaksin,” terangnya. (MIKJPR-01)

Reporter : Dian/Xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan