Tim Mahasiswa UNISNU Juarai Festival Teknologi Jateng Lewat Aplikasi “Mediosa Online”

0
5

MIKJEPARA.com, JEPARA – Menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks, Perhimpunan Mahasiswa Komputer Nasional (Permikomnas) Jateng menggelar kompetisi pemograman web yang melibatkan sejumlah mahasiswa PTN-PTS di Jawa Tengah. Hal tersebut juga untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship berbasis teknologi, terutama di kalangan milenial.

Pada era modern ini, aktivitas manusia tak bisa dipisahkan dari penggunaan teknologi. Pengembangan bisnis berbasis digital sudah merupakan keniscayaan. Karena itulah, dapat dilihat bahwa bisnis start-up menyediakan prospek yang menjanjikan.

Mahasiswa Tim IT dari UNISNU Jepara, menjadi juara pada Festival Teknologi Jateng 2023.

Perkembangan bisnis start-up pun cukup menggeliat dibeberapa daerah, Permikomnas Jateng menjadi salah satu inisiator kompetisi tersebut ingin mengambil peran disektor IT.

Festival Teknologi Jateng yang diselenggarakan oleh Permikomnas Jateng digelar di Universitas Ngudi Waluyo pada Pada tanggal 15-17 September 2023. Pada kesempatan ini, panitia mengambil tematik tentang

Salah satu kompetisi yang menarik adalah perlombaan pemrograman web dengan tema kesehatan.

Kali ini, tim mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara berhasil meraih juara 1 dengan aplikasi web yang inovatif. Dalam persaingan yang ketat, tim dari UNISNU Jepara berhasil meraih kemenangan di perlombaan ini.

Tim yang terdiri dari beberapa mahasiswa, antaranya Reihan Saputra, Muhammad Bahrul Ilmi, dan Ryan Artalopa telah menciptakan aplikasi web yang inovatif dan bermanfaat dalam bidang kesehatan.

Aplikasi mereka bertujuan untuk membantu pelayanan kesehatan dan pengelolaan data Kesehatan, yang dinamakan “Mediosa.online”.

Beberapa fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna, antara lain mendiagnosis penyakit secara medis, info grafis terkait diagnosis, serta cek riwayat pasien.

Fitur ini memungkinkan identifikasi cepat dan akurat dari gejala yang muncul, memberikan rekomendasi yang tepat, dan meningkatkan efisiensi dalam memberikan perawatan medis yang sesuai.

Reihan Saputra, ketua Tim menjelaskan bahwa kompetisi ini memang terkait pengembangan web program bertemakan kesehatan. Peserta sendiri merupakan sejumlah tim dari PTN-PTS juga SMK di Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, secara umum kami tampil sebagai Juara 1 dengan hasil karya kami yang dinamakan Mediosa.online,” terangnya.

Diagnosis Penyakit Fitur ini membantu tenaga medis untuk menginputkan gejala-gejala pasien dan menghasilkan output berupa jenis atau nama penyakit beserta presentase kemungkinan serta solusi yang diperlukan.

Aplikasi “Mediosa.online” yang dikembangkan tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, tetapi juga menginspirasi mahasiswa dan universitas lainnya untuk terus berinovasi dalam menggabungkan teknologi informasi dengan dunia kesehatan. (MIKJPR-01)

Reporter : MK/NS
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan