Unit Pengumpul Zakat UNISNU Serahkan Bantuan Modal Usaha Untuk Warga

0
63

MIKJEPARA.com,  JEPARA – Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) menyalurkan bantuan ditengah pandemi Covid-19 kepada masyarakat sekitar kampus. Bantuan yang disalurkan ini berasal dari dana zakat dan infaq para sivitas akademika kampus, baik dari kalangan dosen mapupun karyawan.

UPZ kampus sebagai perpanjangan tangan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ikut serta mengumpulkan dana zakat dari para pegawai untuk masyarakat. Hal ini menjadi perhatian sosial dari Unit Penyalur Zakat untuk ambil bagian meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi ini.

Rektor UNISNU Dr. H. Sa’dullah Assaidi saat menyerahkan bantuan kepada warga (Foto : Humas UNISNU)

Rektor UNISNU Jepara Dr. H. Sa’dullah Assaidi menyampaikan bahwa Kita selaku umat muslim mencoba menjalankan perintah agama. Allah SWT akan membantu hambanya ketika kita juga membantu makhluknya yang sedang membutuhkan bantuan.

” Bagi yang kuat membantu yang lemah, dan yang mampu bantulah masyarakat yang sedang kekurangan. Semoga apa yang kami berikan ini bermanfaat, barokah dan awet” terang Sa’dullah saat turut serta menyerahkan bantuan pada Selasa (12/5/2020).

Sebelumnya, UPZ UNISNU Jepara juga turut membagikan masker kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Mlonggo dan Batealit beberapa waktu lalu. Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar dan terbantukan dalam mengantisipasi wabah virus Corona.

UPZ UNISNU dibawah naungan BAZNAS Kabupaten Jepara menjalankan beberapa program zakat produktif. Yakni berupa pemberian modal kerja dengan ketentuan masyarakat kriteria miskin namun memiliki semangat berwirausaha. Serta memiliki keahlian sesuai dengan bidang yang akan di tekuninya.

Sementara itu, Ketua UPZ UNISNU Aan Zainul Anwar menambahkan bahwa “Bantuan modal usaha adalah bentuk pendistribusian zakat produktif. Tidak berhenti disitu, UPZ UNISNU juga akan memantau dan memberi pendampingan serta pelatihan kepada penerima bantuan modal usaha” imbuhnya

Tujuan dari program ini selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak mampu (fakir dan miskin), juga supaya kelak menjadi muzakki

Dalam kesempatan ini, diserahkan bantuan berupa satu set mesin jahit kepada Ibu Noor Kholifah, warga Desa Pekalongan, RT 005 RW 001 Batealit Jepara yang berprofesi sebagai penjahit.

Program UPZ UNISNU bekerjasama dengan BAZNAS Jepara juga turut menyalurkan beasiswa bagi calon mahasiswa dan mahasiswa aktif berkategori tidak mampu. Juga santunan untuk yatim piatu, beasiswa pelajar, serta program kesehatan yang bekerjasama dengan Klinik YAI Medika Bawu.

Semua bantuan yang diserahkan oleh UPZ UNISNU tersebut merupakan dana yang dikelola dari hasil zakat, infaq, dan sedekah dosen serta karyawan. “Dalam upaya mendukung langkah Pemerintah, UPZ UNISNU mensinergikan program penyaluran dana zakat di sekitaran kampus”, tambah Aan.

Reporter : Aan Z.
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan