Kenali Bentuk-bentuk Payudara, Ada yang Mirip ‘Air Mata’ hingga Lonceng

0
9
Bentuk-bentuk payudara (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zhenikeyev). (Foto: detik.com)

MIKJEPARA.com, JEPARA  Bentuk payudara setiap wanita umumnya berbeda-beda dan tak selalu sama. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti genetik, berat badan, usia, hingga tingkat hormon wanita. Faktor-faktor ini juga diyakini bisa mempengaruhi area puting dan bentuk areola.

Berbicara tentang payudara, mungkin banyak wanita yang merasa tidak percaya diri dengan bentuk yang dianggap tak ideal. Padahal, setiap wanita memiliki keunikannya masing-masing.

Bentuk-bentuk Payudara
Dikutip dari Medical News Today, Senin (25/7/2022), berikut beberapa bentuk payudara yang perlu diketahui.

1. Bentuk Bulat
Payudara bulat adalah tipe yang sepenuhnya melingkar, dan sama di bagian atas dan bawah payudara. Bagi wanita yang memiliki bentuk payudara ini umumnya cocok menggunakan model bra apapun.

2. Bentuk Lonceng
Payudara yang memiliki bentuk seperti ‘lonceng’ biasanya terjadi pada orang yang memiliki payudara besar. Bentuk ini cenderung menyempit di bagian atas, dan ‘penuh’ di bagian bawah.

3. Bentuk seperti ‘Air Mata’
Bentuk payudara ini hampir mirip dengan bentuk payudara lonceng. Namun, perbedaannya adalah bentuk payudara ini sedikit lebih ‘tebal’ pada bagian bawah daripada bagian atas.

4. Bentuk Kerucut
Payudara jenis ini berbentuk kerucut. Pada bagian atas buah dada agak turun ke arah puting susu, serta bentuknya mengarah ke luar. Biasanya dimiliki oleh wanita dengan payudara yang lebih kecil.

5. Bentuk Payudara ‘Rileks’
Payudara ini lebih longgar atau memiliki jaringan sel yang tipis, serta cenderung memiliki bentuk yang agak memanjang. Untuk pemiliki payudara ini, puting susu terlihat lebih rendah dan terkadang terlihat seperti payudara yang mengarah ke bawah.

6. Bentuk Arah Barat dan Timur
Bentuk payudara wanita berikutnya mungkin terdengar aneh lantaran disebut timur dan barat. Bentuk ini bisa dilihat dari posisi puting yang menonjol ke arah berlawanan. Apabila payudara secara keseluruhan terlihat menjauh dari bagian tengah dada ke arah samping, juga masuk ke dalam kategori ini.

7. Bentuk Side-Set
Bentuk payudara ini mirip dengan bentuk arah timur dan barat lantaran berbentuk padat menyamping, seperti memiliki ruas di tengah. Perbedaannya, bentuk ini memiliki lebih banyak ruang di tengah-tengah payudara.

8. Payudara bentuk Close-Set
Berbeda dengan bentuk side-set, bentuk payudara ini justru kebalikannya. Pasalnya, bentuk payudara ini memiliki sedikit atau tidak ada ruang alias rapat.

Itulah beberapa jenis payudara wanita. Meskipun terlihat tidak simetris, patut disadari bahwa payudara adalah bagian dari tubuh yang harus dirawat dengan benar. (MIKJPR-01)

Sumber: https://health.detik.com/

Tinggalkan Balasan