Jepara Awali Vaksinasi PMK di Jawa Tengah

0
8

MIKJEPARA.com, JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengawali pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini diawali dari Desa Bucu, Kecamatan Kembang pada Senin (27/6/2022) pagi.

Suntikan vaksin pertama dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta, kemudian dilanjutkan oleh para petugas kesehatan hewan dari DKPP Jepara. Ada sekitar 3000 dosis vaksin yang disiapkan untuk hewan sapi dan ternak di Jepara.

Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta suntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pertama di Desa Bucu, Kecamatan Kembang pada Senin (27/6/2022) pagi. (Foto: Diskominfo Jepara)

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, vaksinasi ternak ini adalah kegiatan yang sudah ditunggu- tunggu oleh para peternak. Atas dasar itu, setelah vaksin tiba, Edy langsung menginstruksikan dinas terkait untuk segera turun dan bergerak ke lapangan.

“Kegiatan vaksin PMK yang kita lakukan ini adalah pertama di Jawa Tengah. Hari ini kita mengawali dari sini,” kata Edy.

Untuk hari pertama, disiapkan sebanyak 163 dosis vaksin. Kemudian dilanjutkan secara bertahap di seluruh wilayah Kabupaten Jepara. Dipaparkan Edy, populasi sapi dan kerbau di Jepara mencapai 55 ribu ekor. Sementara 1.100 ekor ternak terindikasi atau suspek PMK.

“Harapannya setelah vaksin diberikan, sapi sehat siap dikonsumsi untuk menyambut Iduladha,” katanya.

Kapolres Jepara AKBP Warsono memerintahkan jajarannya untuk ikut terlibat dan mengawasi pelaksanaan vaksin PMK ini. Dengan begitu berjalan dengan tertib dan aman sesuai target pemerintah. (DiskominfoJepara/Dian)

Tinggalkan Balasan