Musrenbang RKP Desa 2023 Dimunta Semakin Efektif, Tepat Waktu, Efisien

MIKJEPARA.com, JEPARA – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Tahun 2022 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Jepara di buka secara resmi oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta yang di wakili oleh Plt Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Jepara, Akhmad Junaidi di pendopo Balai Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Selasa (30/8/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Sumber Daya Manusia, Ekonomi, dan Infrastruktur untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” ini di hadiri Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Plt Asisten I Sekda Kabupaten Jepara, Akhmad Junaidi, Kepala Dinsospermasdes Edy Marwoto, jajaran Forkopimcam Kecamatan Tahunan, Camat se-Kabupaten Jepara, dan Kepala Desa se-Kecamatan Tahunan.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta yang di wakili Plt Asisten 1 Sekda Jepara, Akhmad Junaidi dalam sambutannya menyatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang Desa tahun 2022 ini sangat penting bagi pembangunan di desa.

“Dari tujuan pelaksanaan Musrenbang Desa, saya sangat berharap seluruh aspirasi Desa akan terkawal, target dan sasaran pembangunan antara pemerintah Desa, pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat akan selaras. Kinerja pembangunan Desa juga akan semakin efektif, tepat waktu, efisien dengan tetap mengedepankan prinsip prioritas kegiatan, transparansi, serta akuntabel,” kata Junaidi.

Pembukaan Musrenbang Desa Tahun 2022 oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta yang di wakili oleh Plt Asisten I Setda Jepara, Akhmad Junaidi di pendopo Balai Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Selasa (30/8/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

Ia juga mengungkapkan terkait ketepatan waktu ini, saya minta kepada pemerintah desa dan BPD sebagai aktor utama kegiatan agar konsistensi waktu terus ditingkatkan. Hal ini mengingat waktu pelaksanaan Musrenbang RKP Desa 2023 sangat singkat, yakni harus dilaksankaan paling lambat minggu ke-2 bulan September 2022, dan harus ditetapkan paling lambat akhir bulan September nanti.

Oleh karenanya, ia minta komitmen seluruh jajaran Perangkat Daerah, Pemerintah Desa, BPD dan Masyarakat Desa untuk benar-benar memperhatikan dan melaksanakan setiap tahapan perencanaan desa sesuai regulasi dan waktu yang telah ditentukan.

“Ini penting karena tujuan akhir usaha kita ini sudah jelas, yakni dihasilkan perencanaan yang benar-benar aspiratif, partisipatif, dan akomodatif sesuai harapan seluruh masyarakat Jepara,” terangnya.

Sementara Kepala Dinsospermades Kabupaten Jepara, Edi Marwoto menjelaskan bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai akuntabilitas proses penyelenggaraan pembangunan yang diadakan berjenjang mulai dari Musrenbang Desa, Musrenbangcam, Musrenbangkab, dan usulan akan ditampung serta akan dilanjutkan ke Provinsi dan Musrenbangnas. (MIKJPR-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here