Sekolah Lansia di Cepogo Resmi Diluncurkan

0
7

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meluncurkan sekolah lansia di Desa Cepogo, Kecamatan Kembang, Kamis (1/9/2022).

Peluncuran ini ditandai dengan pengguntingan pita masuk ke ruang belajar. Sekolah bagi usia lanjut diharapkan bisa mendorong kualitas hidup yang produktif, serta dapat meningkatkan kesejahteraan lansia.

Sekolah lansia ini diikuti oleh 60 orang yang tergabung dalam kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Senja Lestari Desa Cepogo. Para lansia ini akan mengikuti sekolah selama setahun ke depan.

Edy Supriyanta mengingatkan kepada para lansia untuk selalu menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga pola makan, tidur cukup, hingga rutin cek kesehatan. Termasuk mengajak mereka agar melakukan vaksinasi lengkap.

“Saya sangat mengapresiasi para lansia ini yang sungguh bersemangat mengikuti sekolah ini,” kata Edy.

Dirinya meminta ke depan, sekolah lansia ini bisa dilaksanakan di desa-desa lain di kota ukir. Utamanya yang ada di wilayah kota.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meluncurkan sekolah lansia di Desa Cepogo, Kecamatan Kembang, Kamis (1/9/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

“Kegiatan ini harus diteruskan dan dikembangkan di daerah lain khususnya yang ada di kota. Masak yang di kota kalah sama yang di Kembang,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Jepara juga menyerah bantuan paket sembako kepada para lansia ini. Sekolah lansia di Desa Cepogo ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Ada pembinaan dari BKL serta posyandu lansia. Saat itu baru beranggotakan 12 orang dan kemudian berkembang.

Sementara Plt. Kepala DP3AP2KB Jepara Bambang Dwipo Suwignyo mengatakan, jumlah lansia di Cepogo ada lebih dari 70 orang. Hampir seluruhnya mengikuti program sekolah lansia.

Disampaikan, sekolah bagi usia lanjut merupakan model pendidikan non-formal. Sebagai upaya pemberian informasi dan pelatihan, demi mencapai dimensi lansia yang tangguh.

“Wadah untuk mewujudkan lansia yang SMART yakni sehat, mandiri, aktif, produktif, dan bermartabat,” tandas Dwipo. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan