Raih Emas di Porprov Jateng, Pj Bupati Janjikan Bonus Wisata ke Karimunjawa

0
8
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta saat membuka Pra Porprov Jateng di Aula Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Sabtu (17/9/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menjanjikan bonus wisata ke Karimunjawa kepada atlet catur peraih medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2023. Janji ini disampaikan bagi para atlet yang berasal dari wilayah eks Karesidenan Pati.

Hal ini disampaikan saat membuka Pra Porprov Jateng di Aula Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Sabtu (17/9/2022). Hadir mendampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Disdikpora Ali Hidayat, dan Ketua KONI Jepara Syamsul Anwar.

“Karena Pra Porprov digelar di Jepara, jadi siapa saja atlet catur di wilayah eks karesidenan Pati, yang berhasil meraih medali emas di ajang Porprov 2023 akan saya ajak ke Karimunjawa,” kata Edy.

Pernyataan ini, sontak mendapat tanggapan positif dari para peserta Pra Porprov Jateng disertai tepuk tangan dan riuh para peserta kualifikasi Porprov Jateng 2023.

“Silahkan misalnya dari Pati, Kudus, Blora, Rembang. Syukur-stukur dari Jepara sendiri yang meraih emas. Akan kita ajak wisata ke Karimunjawa,” ucapnya.

Ia menyampaikan, para pemain catur ini adalah orang-orang pintar yang memiliki Intelligence Quotient (IQ) tinggi. Kalau dalam pemerintahan adalah mereka yang mampu membaca kejadian serta merasakan apa yang bakal terjadi.

Disampaikan, lanjut dia, catur diyakini berasal dari permainan India, Chturanga, yang menjadi asal nama catur sekitar abad ke- 7. Kemudian berkembang hingga ke Eropa abad ke- 9. Hingga akhirnya sekitar tahun 1600an, permainan catur berkembang menjadi permainan catur modern hingga sekarang.

Sementara Ketua Umum Percasi Jepara Arif Ariyanto mengatakan, dengan ditunjuknya Jepara sebagai tuan ruman Pra Porprov Jateng, akan menjadi jalan untuk prestasi para atlet Jepara di tingkat Jawa Tengah.

“Prestasi catur kita cukup membanggakan. Tahun 2020 kita peringkat 6. Kemudian tahun 2022 ini kita berada di peringkat 3 Jateng,” ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pengprov Catur Jateng Andi Thamrin mengatakan, Pra Porprov Catur di Jepara ini yang terakhir menjelang Porprov. Sebelumnya sudah dilaksanakan di Kabupaten Demak, Karanganyar, Kebumen, dan Cilacap.

“Saya juga berharap yang menjadi juara Porprov Catur dari Korwil Pati atau Muria Raya,” tutup Andi. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan