Absen Raih Kencana, Jepara Pastikan Tahun Ini Koleksi 16 Adipura

MIKJEPARA.comJEPARA – Kabupaten Jepara kembali dinobatkan sebagai salah satu kota sedang terbersih di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kembali mendapatkan Piala Adipura tahun 2023.

Namun kali ini, Kota Ukir hanya mampu meraih piala Adipura dan gagal mempertahankan piala Adipura Kencana.

Hari ini, Kamis (7/3/2024) piala Adipura diarak dengan kendaraan bak terbuka, yang diikuti oleh Pj. Bupati Edy Supriyanta bersama perwakilan Forkopinda.

Penghargaan Piala Adipura ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Selasa (6/3/2024). Capaian ini sekaligus menghantarkan total 16 raihan piala Adipura Jepara.

Piala Adipura diberikan karena Jepara dinilai kembali berhasil di bidang kebersihan. Serta telah mampu memberikan kinerja terbaiknya pada pengelolaan lingkungan perkotaan.

“Ada 106 kabupaten dan kota yang mendapat anugerah Adipura tahun 2023, termasuk Kabupaten Jepara,” kata Aris Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara.

Aris mengatakan, penghargaan Adipura ini merupakan ke-16 kalinya yang diraih Kabupaten Jepara. Dari total tersebut, 15 kali diraih secara berturut-turut, dan satu di antaranya merupakan Adipura Kencana, yang diterima pada Februari 2023 lalu.

“Tahun ini kita mendapatkan Anugerah Adipura, semoga tahun depan kita bisa meraih kembali Adipura Kencana,” ungkapnya.

Menurut Aris Setiawan, keberhasilan Adipura ini tidak hanya peran dari Pemkab saja. Akan tetapi, berkat dukungan kerja sama dan keterlibatan semua komponen masyarakat dalam menjaga kota bersih.

Ke depan, Aris berharap akan ada inovasi-inovasi baru terkait dengan pengelolaan sampah yang ada di Jepara. Serta meningkatkan peran desa mandiri sampah (DMS). Tujuannya agar pengelolaan sampah bisa lebih maksimal dari hulu sampai ke hilir.

“Hingga tahun 2023, sudah ada 32 DMS, akan kita pacu dan motivasi lagi sehingga desa-desa yang lain menyusul DMS,” kata Aris.

Rencananya tahun depan, Pemkab Jepara juga akan menerima bantuan pengelolaan sampah baru dengan teknologi Refuse Delivery Fuel (RDF). Bantuan ini berasal dari Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. TPS dengan sistem RDF ini rencananya akan dibangun di atas lahan dengan luas 1,6 hektare.

Hari ini, Kamis (7/3/2024) piala Adipura diarak dengan kendaraan bak terbuka, yang diikuti oleh Pj. Bupati Edy Supriyanta bersama perwakilan Forkopinda. Sepanjang jalan, rombongan disambut antusias oleh siswa-siswa mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Mereka juga memegang bendera merah putih.

Edy berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan. Baik di jalan perkotaan, wilayah pedesaan, hingga perumahan.

Usai tiba di Pendapa Jepara, Edy Supriyanta kemudian memberikan apresiasi kepada para petugas kebersihan. Yakni memberikan tali asih dengan total Rp67.650.000 dan sembako kepada pahlawan kebersihan ini. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/Dian
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here