Diwarnai Insiden Tabrak Perahu, Begini Antusias Warga Serbu Pesta Lomban

0
17

MIKJEPARA.com, JEPARA – Banyak masyarakat Kabupaten Jepara menantikan Prosesi Larungan Kepala Kerbau dalam tradisi Pesta Lomban, yang berlangsung pada Senin (9/5/2022). Kepala kerbau yang dilarung ke laut jadi rebutan warga, yang memanfaatkan air laut disekitaran lokasi untuk membasuh perahu nelayan.

Mereka percaya, berkah dari larungan ini bisa menjadikan para nelayan diberikan kelancaran dan melimpah hasil tangkapan di laut. Nampak warga sudah memenuhi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu, Kecamatan Jepara sejak pukul 05.00 WIB.

Antusias masyarakat untuk turut serta pada pesta lomban, saat prosesi larungan kepala kerbau ratusan perahu saling berebut mendekati lokasi pelarungan. (Foto : MIK Jepara/xpo)

Ratusan kapal nelayan juga sudah bersiaga di lautan. Padahal, acara Larungan Kepala Kerbau baru dimulai pukul 07.15 WIB. Prosesi dimulai dengan ditandunya sesaji berbentuk kapal kecil oleh empat pria. Di dalam kapal itu ada kepala kerbau yang nantinya dilarung.

Sebelum dilarung, sesaji dibawa ke tengah laut lebih dulu. Ada sekitar 110 kapal milik warga yang mengikutinya. Setelah sampai di sebelah utara Pulau Panjang, miniatur kapal bersiap dilarung.

Seketika itu, perahu-perahu nelayan langsung merangsek mendekat. Pelarungan sesaji dilakukan Bupati Jepara, Dian Kristiandi.

Para lelaki langsung menceburkan diri saat sesaji dilarung. Tak hanya berebut sesaji, mereka juga memperebutkan perhiasan yang dipasang di kepala kerbau. Seperti kalung, anting-anting dan perhiasan lainnya.

“Lomban sekaligus Larungan ini menjadi wujud syukur dari masyarakat nelayan Jepara. Harapannya, para nelayan ke depan bisa mendapatkan rezeki yang melimpah dari laut,” kata Bupati.

Disebutkannya, kegiatan Larangan Kepala Kerbau sudah menjadi tradisi dari nenek moyang secara turun temurun. Tahun ini, Larungan digelar secara meriah tanpa pembatasan. Sebab, tahun lalu, Larungan ini dilaksanakan secara terbatas dan diikuti sedikit nelayan. (MIKJPR-01)

Reporter : JM/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan