Unik, Masjid Ka’bah di Mulyoharjo ini Viral dan Bakal Diresmikan KH. Anwar Zahid

MIKJEPARA.com, JEPARA – Masjid Ka’bah yang didirikan oleh Sumanto, warga Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, viral di media sosial. Rupanya, masjid replika Ka’bah yang ada di Masjidil Haram, Makah itu dibangun dengan uang pribadi.

Sumanto menyebutkan, setidaknya butuh waktu 1,5 tahun untuk membangun masjid impiannya itu. Masjid dengan luas 12 meter dan tinggi 10 meter itu dibangun di atas tanahnya sendiri, di RT 4 RW 5 Desa Mulyoharjo.

Masjid bernuansa Ka’bah di Desa Mulyoharjo ini sedang viral, rencananya Kamis (20/12/2023) besok akan di Resmikan KH. Anwar Zahid.

Niat membangun masjid Ka’bah itu tidak muncul seketika. Dia menceritakan, saat menjalankan ibadah umroh, dia selalu bermunajat kepada Allah persis di depan Ka’bah.

“Saya berdoa semoga diberi rejeki oleh Allah. Supaya saya bisa membangun masjid kayak seperti Ka’bah. Alhamdulillah sekarang terwujud,” kenang Sumanto

Pengusaha mebel itu mengaku membangun masjid Ka’bah dengan uang pribadi. Hanya saja, dia enggan menyebutkan berapa uang yang sudah dikeluarkan untuk membangun masjid itu. Kendati demikian, dia telah mewakafkan masjid tersebut untuk masyarakat umum.

“Masjid ini sudah saya wakafkan untuk umum. Siapapun boleh masuk dan beribadah di sini,” ucap Sumanto.

Saat ini Sumanto masih menyelesaikan bangunan masjid Ka’bah untuk tahap akhir. Beberapa pekerja masih memasang lampu dan pernak-pernik lainnya.

Sumanto sampai kini belum meresmikan masjid idamannya itu. Rencananya, masjid Ka’bah akan diresmikan pada 28 Desember 2023 mendatang. Saat peresmian nanti, Sumanto mengundang pedakwah ulung dari Bojonegoro, KH Anwar Zahid.

Dia menambahkan, pada momen peresmian itu juga sekaligus akan ditetapkan nama masjid tersebut. Meskipun saat ini dia sudah menyiapkan nama masjid, Sumanto ingin nama tersebut ditetapkan oleh KH Anwar Zahid.

Sumanto mengaku sangat bersyukur bisa membangun masjid Ka’bah. Dia membuatnya mirip dengan Ka’bah yang ada di Makah. Masjid berbentuk kubus itu dilengkapi dengan replika Hajar Aswad, Hijir Ismail dan Talaman. Hanya saja, dia masih ingin menambahkan replika makam Nabi Ibrahim. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here