Fenomena Unik, Ribuan Kerang Terdampar di Pantai Kebagusan Akibat Gelombang Tinggi

MIKJEPARA.comJEPARA – Warga Jepara berbondong-bondong menuju pantai Karang Kebagusan, namun mereka bukannya untuk berwisata menikmati pemandangan laut melainkan mencari kerang.

Dua hari ini banyak kerang terdampar di pinggir pantai, penyebabnya adalah tingginya gelombang ombak yang mencapai 3-4 meter. Menurut salah seorang warga yang ikut mencari kerang, Lutfi (30), sudah sekitar dua hari ini dirinya mencari kerang disini.

Puluhan warga nampak berjaga ditepi pantai Karang Kebagusan untuk mencari kerang jenis wadung (Foto : MIK Jepara)

Sekali mencari, dirinya bisa mendapat sekarung. Adapun jenis kerang yang banyak terdampar di pantai ini adalah jenis kerang wadungan.

“Tinggal memungut saja. Kerang-kerang itu berada di pinggir. Kalau ingin kerang segar, ya, saya mencebur ke pantai yang kedalamannya hanya 25 sentimeter,” kata Lutfi, Kamis (13/3/2024).

Warga Mantingan tersebut menambahkan, ribuan kerang ini baru muncul beberapa hari ini. Biasanya pun tidak ada, setelah mendengar kabar dari temannya ia langsung bergegas menuju tempat tersebut. Uniknya, hanya dipantai ini ia bisa mencari kerang wadung yang secara fisik berukuran jumbo tersebut

“Kerang hasil mencari di pantai ini, Alhamdulillah di konsumsi sendiri saat berbuka puasa,” ujarnya.

Senada dengan Lurfi, Maryoto (55), warga Krapyak, mengaku senang dengan banyaknya kerang di pantai. Sebab, dia bisa dengan mudah mengambil kerang tanpa harus menceburkan diri ke pinggir laut.

Maryoto, yang berprofesi sebagai nelayan, menambahkan, saat ini dirinya tidak berani mencari ikan di tengah laut karena ombak tinggi.

“Alhamdulillah, Gusti Allah memberi rezeki dalam bentuk lain. Tidak ikan, melainkan kerang,” ujarnya.

Fenomena langka terkait dengan hal itu, warga mengatakan, sudah sekitar sepekan ini ombak laut sedang jelek. Dan baru dua hari ini, kerang sering terlihat terdampar.

Namun selain kerang, banyak tumpukan sampah yang terdampar terbawa ombak. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/Dian
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here