Jelang Liburan Nataru, Tingkat Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Masih Normal

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sepekan jelang momen libur Nataru (Natal dan Tahun Baru), kunjungan wisatawan ke Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, masih landai. Kondisi ini tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Desa Karimunjawa, Arif Setiawan, mengatakan sampai saat ini belum nampak lonjakan wisatawan pada musim libur Nataru nanti. Bila dibanding tahun lalu pada waktu sama, jumlah kunjungan wisatawan untuk musim Nataru malah mengalami penurunan.

Antrian pembelian tiket penyeberangan Jepara – Karimunjawa, liburan Nataru 2023 diprediksi normal.

“Belum banyak (pesanan untuk Nataru, red) malah menurun. Tapi tidak tahu nanti kalau sudah mepet banyak yang pesan. Persiapan khusus teman-teman pelaku wisata juga belum,” terang Arif pada Senin (18/12/2023).

Seperti diketahui, wilayah kepulauan Karimunjawa jadi jujugan wisatawan pada musim libur Nataru. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, kunjungan wisatawan ke wilayah terluar Kabupaten Jepara ini bisa mencapai 5.000 wisatawan. Tidak hanya turis lokal, wisatawan luar negeri pun tak sedikit.

Melihat kondisi tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Oni Sulistijawan mengaku belum berencana menambah jadwal pelayaran kapal. Pihaknya pun belum menyiapkan skenario khusus untuk menghadapi libur Nataru. Baik skenario penambahan jadwal pelayaran maupun penaikan harga tiket kapal penyebrangan.

“Belum ada (penambahan jadwal pelayaran, red), sampai saat ini ya, masih menggunakan jadwal yang ada,” jelas Oni.

Dinas Perhubungan akan menambah jadwal pelayaran apabila ada permohonan dari operator lantaran adanya lonjakan penumpang. Sampai saat ini, secara reguler pelayaran dari dan ke Karimunjawa dilayani dua operator, yaitu PT ASDP Indonesia Fery dan PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

Sementara itu, untuk Kapal KMC. Express Bahari mulai tanggal 22 Desember telah memberlakukan beberapa jadwal trip tambahan. Diantaranya tanggal 22-23 Desember jelang libur Natal, hingga di penghujung akhir tahun tanggal 29-31 Desember. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here