Jelang Liburan Nataru, Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Meningkat

MIKJEPARA.com, JEPARA – Pekan lalu, jelang momen libur Nataru (Natal dan Tahun Baru 2024), kunjungan wisatawan ke Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, masih landai.

Meskipun begitu, ada kenaikan signifikan beberapa hari terakhir. Hal ini terlihat saat sejumlah wisatawan nampak memadati area tunggu pelabuhan Kartini Jepara. Mereka rata-rata mengambil masa akhir pekan untuk berlibur ke Pulau Karimunjawa.

Sejumlah wisatawan mengantri di ruang tunggu Pelabuhan Jepara, jelang Liburan Nataru ada kenaikan jumlah wisatawan ke Karimunjawa (Foto : MIK Jepara)

Anik misalnya, wisatawan asal Salatiga ini mengaku mengambil masa liburan Natal kali ini untuk berlibur dengan rombongan keluarga. Ia bersama suami dan anak-anak menyiapkan waktu liburan Natal untuk menikmati keindahan Karimunjawa.

“Kami sudah pesan dengan biro wisata minggu lalu, karena saya dengar cuacanya masih bagus dan agak longgar (red : normal),” ungkapnya.

Menurut informasi yang ia terima, meskipun Desember ini identik dengan cuaca buruk namun kabar yang dengar masih bagus untuk penyeberangan. Karena itu, ia berniat berangkat liburan bersama keluarga.

Baca Juga : Jelang Liburan Nataru, Tingkat Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Masih Normal

Sementara itu, Sudarmono Ketua Perkumpulan Biro Wisata Karimunjawa (PBWK) mengungkapkan bahwa tingkat keterisian penginapan di Karimunjawa naik drastis di akhir pekan nanti. Sejumlah pelaku wisata pun sudah menerima beberapa reservasi yang masuk jelang liburan akhir tahun 2023 kali ini.

“Kalau hotel dan homestay libur Nataru ini rata-rata sudah penuh, bahkan jelang pergantian tahun baru dipastikan full,” ungkapnya

Ia mengaku beberapa teman-teman biro opsional menerima reservasi jelang malam tahun baru. Hal ini karena tergantung juga pada kapal penyeberangan dan ketersediaan penginapan. Pihaknya berharap, jumlah wisatawan di Karimunjawa tidak menumpuk, dan menyebabkan crowded.

“Yang penting wisatawan nyaman dan enjoy, kita jaga kualitas pelayanan. Percuma kita ramai, tadi tidak bisa memberikan pelayanan yang optimal,” imbuhnya.

Sampai saat ini, secara reguler pelayaran dari dan ke Karimunjawa dilayani dua operator, yaitu PT ASDP Indonesia Fery dan PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

Sementara itu, untuk Kapal KMC. Express Bahari mulai tanggal 22 Desember telah memberlakukan beberapa jadwal trip tambahan. Diantaranya tanggal 22-23 Desember jelang libur Natal, hingga di penghujung akhir tahun tanggal 29-31 Desember. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here