KPU Jepara : Ribuan Anak Muda Daftar Petugas KPPS Pemilu 2024

0
27

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sesuai dengan jadwal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, telah menutup pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pada Kamis (21/12/2023) tengah malam.

Dari data yang masuk, jumlah pendaftar petugas KPPS di Jepara ada sebanyak 27.066 orang. Dan menariknya, para pendaftar didominasi oleh generasi muda.

Ilustrasi : Pendaftaran Petugas KPPS Pemilu 2024

Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Muhammadun menyebutkan, dari jumlah pendaftar yang masuk ada kelebihan pendaftar sebanyak 2.636 orang.

”Dari 27.066 pendaftar, 50 persen lebih merupakan generasi Z,” kata Muhammadun pada Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, dominasi itu bisa dianggap sebagai bukti partisipasi aktif generasi Z dalam gelaran Pemilu 2024. Sehingga, pihaknya meyakini partisipasi pemilih generasi Z akan tinggi di hari H pencoblosan, 14 Februari 2024 nanti.

Muhammadun mengatakan, jumlah kebutuhan petugas KPPS sebanyak 24.439 orang. Sehingga, nantinya akan dilakukan seleksi. Seleksi akan dimulai dengan tahapan pemeriksaan berkas administrasi. Lalu akan dilanjutkan dengan wawancara menyangkut integritas dan kemampuan ilmu teknologi.

Pihaknya menjelaskan, komposisi KPPS harus ideal seperti regulasi KPU. Seperti mesti ada tokoh masyarakat, mahasiswa, orang yang paham ilmu teknologi, perempuan dan penyandang disabilitas yang mampu.

”Nanti akan diumumkan pada 23-25 Desember 2023. Penetapannya 24 Januari dan pelantikannya 25 Januari 2024,” ujar Muhammadun.

Selama proses pendaftaran, lanjut dia, pendaftar menghadapi beberapa kendala. Paling banyak, yaitu ketika mereka mengurus surat tes kesehatan. Pasalnya, sejumlah puskesmas tidak bisa melayani sehari penuh.

”Tapi dua hari jelang penutupan pendaftaran, kami koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Untuk Puskesmas bisa melayani sampai batas akhir penutupan pendaftaran. Akhirnya kendala para pendaftar bisa teratasi,” pungkas Muhammadun. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here