Tingkatkan Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan IT

MIKJEPARA.com, JEPARA – Kebutuhan akan guru madrasah di Indonesia terus meningkat dari segi kuantitas dan kualitas. Dalam rangka meningkatkan kompetensi tersebut, pendidikan bagi guru madrasah di Kabupaten Jepara terus digalakkan diantaranya dari para akademisi kampus UNISNU.

Penyelenggaran PPG Prajabatan tersebut merupakan salah satu solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan guru madrasah, dan untuk mendukung program tersebut sejumlah guru madrasah ikut serta dalam pelatihan.

Sejumlah guru madrasah juga ikut serta dalam pelatihan tersebut secara daring dari sekolah masing-masing.

Kegiatan yang diikuti oleh 143 guru madrasah yang belum memperoleh sertifikasi PPG, sebagai langkah konkret Unisnu Jepara bersama Pergunu Kabupaten. 12 Desember 2023-

telah sukses dilaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan persiapan Pendidikan Profesi Guru (PPG) oleh Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Kegiatan dimulai dengan Workshop Penguatan Materi PPG pada tanggal 11 Agustus 2023 secara virtual. Peserta yang hadir mendapatkan pemahaman mendalam mengenai strategi pembelajaran inovatif, metode pembelajaran aktif, dan manajemen kelas.

Ikut memberikan materi, Dr. Dian Artha Kusumaningtyas, Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, memberikan wawasan tentang perubahan paradigma pembelajaran dan pentingnya implementasi problem-based learning serta project-based learning dalam ujian sertifikasi.

Pada pelatihan tahap kedua, diadakan pada 11 September 2023 di Ruang Seminar Pascasarjana UNISNU, menghadirkan dua dosen narasumber, yaitu Ahmad Saefudin dan Khalimatus Sadiyah.

Adapun materi yang disampaikan, tentang Social Emotional dan School Well-Being serta Pengelolaan Kelas dan Pembelajaran Berdiferensiasi memberikan perspektif baru bagi peserta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah mereka.

Pendampingan penguatan materi PPG dilanjutkan secara daring pada tanggal 20 dan 27 Oktober 2023 melalui platform zoom meeting. Tim pengabdi Unisnu Jepara mencari solusi untuk kendala manajemen waktu peserta dengan menciptakan kelas diskusi melalui Learning Management System (LMS).

Hal ini memberikan fleksibilitas kepada peserta untuk memahami materi dan berdiskusi kapan saja dan dimana saja secara sistematis.

Kegiatan ditutup dengan Pelatihan Pengenalan Perangkat dan Aplikasi TIK pada tanggal 11 Desember 2023. Dalam sesi ini, Harminto Mulyo memberikan panduan praktis dalam penggunaan Learning Management System (LMS) dan pembuatan video pembelajaran.

Para peserta terlibat aktif dalam sesi praktik langsung, untuk mengoptimalkan fitur-fitur TIK guna peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.

Antusiasme peserta dan semangat kolaboratif yang terbangun selama kegiatan menandai kesuksesan pelatihan dan pendampingan ini.

UNISNU Jepara berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam persiapan peserta menghadapi PPG prajabatan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin digital dan teknologi. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/NS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here