UNISNU Ikuti Program Wirausaha Merdeka 2023, Mahasiswa dan Dosen Kompak Torehkan Prestasi

MIKJEPARA.com, JEPARA – Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara berhasil mendapatkan dua torehan prestasi sekaligus pada gelaran Program Wirausaha Merdeka (WMK) yang digelar baru-baru ini.

Program Wirausaha Merdeka (WMK) adalah bagian dari implementasi Kampus Merdeka, merupakan program strategis unggulan Kemendikbudristek yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan potensi dan jiwa kewirausahaan.

Produk WMK dari UNISNU Jepara, tampil pada gelaran WMK Universitas Brawijaya Malang baru-baru ini.

Dua prestasi yang diberikan kepada UNISNU, antaranya yaitu peserta terbaik WMK Season 2 tahun 2023 dan Dosen Pembimbing Lapangan Terbaik kedua WMK Season 2 Tahun 2023.

Pada pelaksanaan kali ini atau yang dikenal dengan istilah WMK Season 2, UNISNU Jepara ikut andil dengan mengirim 14 mahasiswa untuk mengikuti program tersebut.

Diantaranya 1 mahasiswa mengikuti WMK di Universitas Brawijaya Malang, 8 mahasiswa mengikuti WKM di Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan 5 mahasiswa mengikuti WMK di Politeknik Negeri Semarang.

Diraihnya penghargaan Terbaik Wirausaha Merdeka (WMK), Sarwido selaku Kepala Pusat Kewirausahaan UNISNU menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh tim bukan hanya sekadar implementasi berwirausaha, melainkan adanya proses-proses lainnya yang menunjang keberhasilan tersebut.

“Pada jajaran perguruan tinggi nasional, reputasi kita semakin meningkat. Artinya UNISNU menunjukkan sebagai perguruan tinggi yang berreputasi. Hal tersebut menandakan bahwa kinerja kita semakin meningkat,” terang Sarwido, Jum’at (15/12/2023).

Selama 20 minggu mahasiswa mengikuti kegiatan WMK di perguruan tinggi penyelenggara secara luring sejak tanggal 22 Agustus 2023 hingga 15 Desember 2023. Berbagai langkah dan secara aktif mengembangkan kreativitas dan inovasi kewirausahaan dengan mengikuti berbagai program terbaik yang telah direncanakan oleh Perguruan Tinggi Pelaksana.

“WMK itu tidak sekadar implementasi berwirausaha kemudian dilaksanakan, tidak. Tetapi ada proses pembekalan, proses pelatihan, proses pendampingan, dan proses pelaporan. Hal itu dimonitor oleh Kementerian Direktorat Belmawa,” imbuhnya.

Melalui berbagai kegiatan strategis, inovatif, dan kolaboratif tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam leadership, problem solving, critical thinking, kerja sama, dan soft skills.

Berbagai hasil juga sudah didapat dari kegiatan ini, antaranya mahasiswa telah mneghasilkan berbabagai inovasi antaranya Noru Seaweed yakni bisnis yang bergerak dibidang Food and Baverage olahan rumput laut, ada juga Risellia adalah bisnis minuman cepat saji yang didedikasikan untuk menciptakan minuman yang mengandung khasiat dari bunga rosella.

Selain itu juga ada Growme Paper, merupakan bisnis di bidang pengelolahan sampah kertas yang dibuat menjadi Seed paper. Dimana seed paper adalah kertas daur ulang yang di selipkan benih di dalamnya. serta LAVERA merupakan produsen dan penjual reed diffuser yang menampilkan dua pilihan wewangian yaitu lavender dan lemongrass.

Di bisnis fashion, tampil juga Shandang merupakan Brand fashion yang bergerak di lingkup pakaian batik dan mengangkat nilai nilai tradisi untuk di kolaborasikan dengan trend masa kini. Ada juga Econinu, atau Ecoprint Innovation Unique. Sebuah produk pakaian inovasi, yang dibuat melalui proses atau teknik ecoprint.

WMK season 2 diakhiri dengan acara penutupan, pada acara penutupan setiap perguruan tinggi penyelenggara WMK menyampaikan laporan pelaksanaan WMK dan pemilihan peserta terbaik dan Dosen Pembimbing Lapangan Terbaik.

Muchammad Dwi Rivaldo mahasiswa Prodi Teknik Informatika lolos sebagai salah satu peserta dari 400 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia terpilih sebagai peserta terbaik WMK Season 2 tahun 2023 di Universitas Brawijaya Malang.

Selain itu, Joko Minardi salah satu Dosen Prodi Sistem Informasi UNISNU Jepara terpilih sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Terbaik kedua WMK Season 2 Tahun 2023 di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here