Unik, Puluhan Seniman Pantomim Jepara “Show” Sambil Ngabuburit

MIKJEPARA.comJEPARA – Bertepatan dengan Hari Pantomim Dunia 2024 seniman dan pemerhati seni pantomim di Jepara yang tergabung dalam Jepara Mime Club menggelar perayaan secara sederhana yaitu kegiatan longmarch Ngabuburitmime.

Kegiatan yang di mulai pukul 15.00 WIB, Jumat (29/3/2024) sedianya dalam longmarch tersebut para pantomimer bergerak menyusuri trotoar dari Tugu Kartini Jepara menuju Museum RA Kartini.

Puluhan seniman pantomin Jepara show saat menunggu waktu berbuka puasa di sekitaran Jl. Kartini Jepara. (Foto : Dok)

Menurut Fahmi Bajuri, selaku koordinator kegiatan JMC, bahwa kali ini performance pantomim dilakukan di tengah kota Jepara, di samping merayakan Hari Pantomim Dunia tanggal 22 Maret, juga membumikan dan mendekatkan seni Pantomim ke tengah masyarakat di Jepara.

“Di Jepara masih jarang sekali yang mengetahui seni pantomim. Sebab itu, kami (JMC) menggelar kegiatan ini selain untuk memperingati hari pantomim dunia 2024, juga sebagai bentuk ekspresi dan eksistensi seni pantomim, serta ajang pengenalan , pengkaderan minat dan bakat pada seni pantomim” terang Bajuri.

Diungkapkan kembali olehnya, JMC atau Jepara Mime Club merupakan forum para pelaku dan pemerhati seni pantomim di Jepara, dan siapapun yang ingin mengetahui, belajar tentang seni pantomim.

“JMC bisa dikatakan sebagai wadah maupun forum terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar dan tahu lebih jauh tentang seni pantomim,” jelasnya lagi.

Pada kesempatan kali ini, seniman Jepara yang ikut andil antara lain Fahmi Bajuri, Den Munif, Eko Sastro, Sugi, Idris S, A Robikhan, Riski Sawo,Sopian, dan dari beberapa delegasi komunitas seni di Jepara seperti Teater Tuman, Sanggar Seni Amongjiwo, Teater Empluk, Teater Lentera Jepara, Teater Amongjiwo, Pondok Seni Mantingan, dan lainnya.

Sementara itu, Kustam Erey Kristiawan, selaku Ketua Umum DKD Kabupaten Jepara mengapresiasi terhadap para seniman pantomim di Jepara, serta berharap ke depan ada pementasan-pementasan pantomim di Jepara.

“Harapannya ke depan seni pantomim bisa dikenal oleh masyarakat Jepara, terlebih dapat menjadi ruang berekspresi bersama, Selamat Hari Pantomim Dunia, Salam Ekspresif!,”. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/Dian
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here