UNISNU Gelar International Language and Culture Festival 2023 : Outcomes, Outreach and Outstanding

MIKJEPARA.com, JEPARA – Untuk melestarikan bahasa dan budaya, UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara menggelar International Language and Culture Festival 2023, bertempat di Auditorium Perpustakaan Lantai 3 UNISNU Jepara dengan mengangkat tema “outcomes, outreach,outstanding”,

Festival Bahasa dan Budaya Internasional adalah program kerja tahunan dari UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara yang merupakan sebuah kegiatan bertujuan untuk mewadahi, mengembangkan dan mengapresiasi karya bahasa dan budaya dari para siswa baik dari tingkat SMP maupun SMA , mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing sekaligus mempromosikan UNISNU Jepara kepada partisipan.

Rangkaian kegiatan

pada Kamis (14/12/2023).

Dalam acara tersebut, terdapat beberapa rangkaian acara, seperti penampilan Tari Kreasi Nusantara, Puisi berbahasa Arab, Story telling , Drama/Teater , lomba konten kebahasaan, lomba menyanyi untuk mahasiswa asing, sharing session dari mahasiswa asing dan juga pemaparan tentang bahasa dan budaya oleh seniman dan budayawan Didid Endro S.

Baca Juga : UNISNU Ikuti Program Wirausaha Merdeka 2023, Mahasiswa dan Dosen Kompak Torehkan Prestasi

Kegiatan ini dinakhkodai oleh Zahrotun Nafisah , Zahro menyampaikan dalam sambutannya beliau menyampaikan “Terima kasih untuk partisipasinya dalam acara tahun ini. Selamat dan semangat untuk penampilannya nanti, semoga mendapat pengalaman yang berharga dari kegiatan ini,” tambah beliau untuk para partisipan .

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 UNISNU Jepara Dr. H. Mahalli, M. Pd. Beliau sangat mengapresiasi tim UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara dan panitia yang terlibat ini sangat luar biasa bisa mengadakan International Language and Culture Festival 2023 yang sangat luar biasa euforianya.

Dr. H. Mahalli, M. Pd. membuka secara resmi International Language and Culture Festival 2023. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik penyelenggaraan festival ini sebagai bagian melestarikan warisan budaya lokal khususnya bahasa. “Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai instrumen komunikasi, bahasa menunjukkan identitas suatu bangsa,” ujarnya.

Ka. UPT PB UNISNU Aprilia Riyana Putri mempunyai gagasan baru yaitu terdapat perbedaan pada acara kali ini, yang sebelumnya semua lomba-lomba sekarang diubah menjadi undangan performance. Maka dari itu, nama festival yang sebelumnya bernama Festival Bahasa , diganti menjadi International Language and Culture Festival.

Beliau berharap kegiatan ini mampu menjadi pemicu dalam usaha yang lebih kompreshensif dan masif untuk melestarikan bahasa dan budaya . Beliau menilai jika bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan dalam mempertahankan eksistensi kebudayaan lokalnya, termasuk bahasa. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here