Renovasi SGBK Dimulai Januari 2024, Persijap Tak Bisa Main di Kandang

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sesuai rencana, Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Jepara akan direnovasi segera di tahun 2024. Pemerintah pusat akan memugar stadion kebanggaan warga Kota ukir itu agar lebih baik dan sesuai standar PSSI maupun FIFA.

Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) Kabupaten Jepara Hanief Kurniawan mengatakan, penandatanganan kontrak kerja proyek tersebut sudah dilakukan pada 22 Desember 2023 lalu.

Persijap Jepara saat menjalani laga kandang di Stadion Gelora Bumi Kartini (SGBK). (Foto : MIK Jepara)

Tahapan renovasi akan segera dilakukan pada sepekan mendatang. Sebelumnya, beberapa hari setelah penandatanganan, juga sudah dilakukan pre rekonstruktion meeting.

”Setelah ini langsung pelaksanaan proyek. Awal Januari 2024 langsung efektif renovasi,” kata Hanief Sabtu (30/12/2023).

Sehingga, lanjut Hanief, pasca penandatanganan itu aktivitas di Stadion GBK Jepara dikosongkan. Di sisi lain, pada 7 Januari 2024 nanti, Persijap Jepara masih akan melakoni satu laga kandang di babak play off.

Ia pun menduga pihak pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek renovasi stadion tidak mengizinkannya.

”PPK ini kan juga kejar-kejaran dengan waktu. Sedangkan awal Januari sudah mulai proses,” jelas dia.

Soal desain, Hanief tidak berani menyampaikannya. Pasalnya, setelah stadion itu diserahkan kepada PPK, maka kewenangan penuh atas stadion di bawah kendali PPK.

Sementara terkait dengan anggaran renovasi, Hanief menyebut nominalnya masih tetap sebesar Rp 105 miliar. Karena renovasi Stadion GBK Jepara satu paket dengan Stadion Jatidiri Semarang, maka anggaran tersebut dibagi. Pembagiannya 70 persen untuk Stadion GBK, 30 persen untuk Stadion Jatidiri.

Anggaran itu, kata Hanief, sudah mencakup berbagai bagian yang akan direnovasi. Mulai dari arsitektural bangunan, mekanikal elektrikal dan lapangan. Untuk arsitektural nanti akan berfokus pada penataan lingkungan stadion.

Sejumlah bagian akan dirombak. Seperti akses ke stadion, ruang pers, ruang wasit, ruang pemain, ruang transit VIP dan ruang VIP.

Nantinya, lampu akan diganti dengan lampu LED dan tiangnya digeser. Sedangkan untuk lapangan, Hanief memastikan rumput akan dirombak. (MIKJPR02)

Reporter : And/KS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here